DETAIL AGENDA PELATIHAN DI BBPK CILOTO TAHUN 2018



Detail Data Pelatihan
Tahun Pelaksanaan
:
2018
Jenis Pelatihan
:
Pelatihan Teknis Kesehatan
Nama Pelatihan
:
Pelatihan Keluarga Sehat
Gelombang/batch
:
Gel. 2
Periode Pendaftaran
:
27 November 2018 s/d 05 Desember 2018
Periode Pelatihan
:
03 Desember 2018 s/d 07 November 2018
Sasaran Peserta
:
Peserta yang ditunjuk oleh Dinas Kesehatan Kab. Cianjur
Tempat Penyelenggaraan
:
Kampus Utama, Jl. Raya Puncak Km. 90, Puncak, Cianjur, Jawa Barat ☎ (0263) 512404
Quota
:
60 Peserta
Kontak Person
:
Wiyandari Esa Gautami, SKM - 0813-2793-4125
Lampiran Jadwal
:
Kegiatan yang dilakukan dalam pelatihan keluarga sehat meliputi pengkayaan,pengetahuan program yang terfokus pada pendekatan keluarga sesuai denganindikator yang telah ditetapkan sekaligus melakukan pendataan seluruh keluargadalam wilayah kerja Puskesmas (pembuatan database keluarga sehat danmenghitung indeks keluarga sehat). Peserta diarahkan pada kemampuanmelakukan kunjungan rumah, mamantau program gizi, kesehatan ibu dan bayi,pengendalian dan pencegahan penyakit menular,  dan penyakit tidak menularmemantau perilaku dan  sanitasi lingkungan keluarga, serta mengisi familyfolder.
 
Dalam pendekatan keluarga sehat, cara kerja puskesmas tidak hanyamenyelenggarakan  pelayanan kesehatan di dalam gedung, melainkan juga  diluar gedung melalui kunjungan rumah/keluarga di wilayah kerjanya. Sehinggapendekatan keluarga sehat merupakan upaya pendekatan pelayananterintegrasi antara Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) dan Upaya KesehatanMasyarakat (UKM) yang berkesinambungan dengan target keluarga sertadidasari oleh data dan  informasi dari profil kesehatan keluarga.Atas penjelasan tersebut, pendekatan keluarga sehat ini berupayameningkatkan aksesibilitas keluarga terhadap pelayanan kesehatan yangkomprehensif dalam mendukung pencapaian standar pelayanan minimal,mendukung pelaksanaan JKN dan mendukung tercapainya Program IndonesiaSehat.
 
Pelatihan Keluarga Sehat merupakan pelatihan yang dirancang untukmenunjang terlaksananya program Indonesia sehat melalui pendekatankeluarga sehat di wilayah kerja puskesmas dengan menjangkau sasaranutamanya melalui keluarga. Kegiatannya di fokuskan kepada kunjungan keluarga dengan memperhatikan indikator program prioritas, pada:
1. Perbaikan Gizi
2. Penurunan AKI & AKB
3. Pengendalian Penyakit Menular
4. Pengendalian Penyakit Tidak Menular
5. Kesehatan Lingkungan.
Format Dokumen Kelengkapan (Unduhan)
NO. KOMPONEN UNDUHAN FILE
1. Format SPPD UNDUH
2. Format Surat Tugas UNDUH
3. Surat Pernyataan Kesanggupan UNDUH
4. Surat Pertanggungjawaban Mutlak UNDUH
File Kelengkapan Administrasi (Unggahan)
NO. KOMPONEN UNDUHAN
1. Kartu Registrasi Ulang
2. Surat Perintah Perjalanan Dinas
3. Surat Pernyataan
4. Surat Tugas