Detail Info Terkini

Isi Informasi Tentang Kegiatan/Berita Di BBPK Ciloto

Kepala Badan PPSDM Kesehatan Menutup Pembekalan Nusantara Sehat Batch X

Dipublikasi Pada: Selasa, 25 September 2018 - 16:13 WIB


Ciloto, 25 September 2018
Tim Nusantara Sehat Batch X Siap Bertugas

Setelah melaksanakan pembekalan selama 45 hari di BBPK Ciloto, kegiatan pembekalan Tim Nusantara Sehat Batch X tahun 2018 resmi ditutup pada Selasa (25/0). Acara penutupan kegiatan pembekalan kali ini dihadiri oleh Ka. BPPSDM Kesehatan drg. Usman Sumantri, M.Sc yang juga memimpin jalannya upacara penutupan.

Seperti yang sudah diketahui bahwa tenaga kesehatan memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas pelayanan yang maksimal kepada masyarakat sehingga mendorong masyarakat untuk meningkatkan kesadaran, kemampuan, dan kemauan hidup sehat sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatan. Hal ini salah satu yang mendasari Kemenkes mengirimkan Tim Nusantara Sehat ke Daerah Tertingal, Perbatasan dan Kepulauan (DTPK), sejak tahun 2015.

Di tahun  ini, Kementerian Kesehatan mengirimkan sebanyak 316 orang (Team Based) dan sebanyak 55 orang (individu) dengan disiplin ilmu yang berbeda yaitu 52 Ahli Teknologi Lab Medik, 45 Bidan, 13 Dokter Gigi, 14 Dokter Umum, 43 Perawat, 55 Farmasi, 68 Tenaga Gizi, 38 Tenaga Kesehatan Lingkungan, dan 42 Teanga Kesehatan Masyarakat.

Tenaga kesehatan Nusantara sehat disebar di 31 Kabupaten dan di 31 provinsi. Jumlah tersebut diharapkan dapat menjawab tantangan utama pelayanan kesehatan yaitu pemerataan kesehatan karena Tim Nusantara Sehat ini akan berkontribusi di DTPK sehingga tujuan membangun Indonesia dari pinggiran dapat di realisasikan.

Sama dengan tahun sebelumnya, tahun ini penutupan kegiatan pembekalan Nusantara Sehat dihadiri pula oleh orang tua/wali dari peserta Nusantara Sehat. Mereka datang dari berbagai daerah di Indonesia. Pada acara kali ini, Tim Nusantara Sehat juga mendemonstrasikan hasil pembelajaran selama di Pusdikes Kodiklat antara lain, bela diri, kesiapsiagaan bencana, dan mountenering yang akan menjadi bekal mereka untuk bisa survive ketika di lokasi penempatan dan siap membantu sebagai garda terdepan dalam situasi apapun.

'Tugas Nusantara Sehat adalah tugas yang sangat mulia, saya menaruh harapan dan penghormatan yang besar terhadap para peserta yang tergabung dalam Tim Nusantara Sehat ini,' puji Kepala BPPSDM Kesehatan saat memberi amanat saat upacara penutupan.

Melalui program Nusantara Sehat ini, para peserta sejatinya dapat menjadi wakil Pemerintah dalam hal pelayanan kesehatan yang lebih berkualitas serta mengupayakan pelayanan kesehatan melaui pendekatan keluarga agar GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) dapat secepatnya disosialisasikan ke seluruh Indonesia.

'Kita bangun budaya sehat dengan melakukan langkah kecil seperti menjaga kebersihan rumah, cuci tangan sebelum makan, ketersediaan air bersih, makan sayur yang cukup, olahraga, tidur yang cukup dan manjauhkan anak-anak dari asap rokok,' tambah Ka. Badan PPSDM Kesehatan sebagai pesan untuk Tim Nusantara Batch X.

Sementara itu, menangapi Tim Nusantara Sehat yang telah dikirim sebelumnya, Menkes Nila F. Moeloek menyatakan bahwa batch sebelumnya sudah tahap evaluasi dan secara kualitatif sangat membantu dalam mengubah perilaku di masyarakat. 'Itu penting sekali, karena jika perilaku berubah, mereka akan sadar akan pentingnya kesehatan ada di masyarakat,' jelas Menteri Kesehatan beberapa waktu lalu.



<< kembali ke indeks berita



Berita Lainnya:


PELATIHAN PELAYANAN PRIMA BERBASIS SOFT SKILLS BAGI SDM KESEHATAN
Kamis, 18 April 2024 - 09:20 WIB
GAMBARAN PERLUNYA PENGAWASAN MAKANAN JAJANAN ANAK SEKOLAH SD DI INDONESIA
Selasa, 02 April 2024 - 08:47 WIB
PELATIHAN EPIDEMIOLOGI LAPANGAN LEVEL INTERMEDIATE BAGI PETUGAS EPIDEMIOLOG DI DINAS KESEHATAN
Senin, 18 Maret 2024 - 17:33 WIB
PERSEPSI DOKTER GIGI TERHADAP PELATIHAN PENATALAKSANAAN KEGAWATDARURATAN BIDANG KEDOKTERAN GIGI KERJASAMA PDGI DENGAN BBPK CILOTO
Jumat, 16 Februari 2024 - 09:19 WIB
PENANDATANGANAN PERJANJIAN KINERJA DI LINGKUNGAN DIREKTORAT JENDERAL TENAGA KESEHATAN TAHUN 2024
Kamis, 15 Februari 2024 - 17:00 WIB
PELATIHAN KONSELING MENYUSUI DAN PELATIHAN SURVEILANS DAN PENGENDALIAN VEKTOR DAN BINATANG PEMBAWA PENYAKIT BAGI TENAGA ENTOMOLOG KESEHATAN DI PUSKESMAS
Senin, 12 Februari 2024 - 09:42 WIB