Detail Info Terkini

Isi Informasi Tentang Kegiatan/Berita Di BBPK Ciloto

Telah Dibuka Pendaftaran Pelatihan Epidemiolog Ahli

Dipublikasi Pada: Kamis, 27 September 2018 - 07:40 WIB


Ciloto (27/9),
Perubahan tata pemerintahan dalam era desentralisasi akan terus melaju dan sebagai konsekuensinya menuntut ketersediaan dana, kesiapan SDM di berbagai sektor. Tanpa terkecuali dalam bidang kesehatan juga mengalami perubahan yang sangat bermakna, sehinggaaparatur  pemerintah di jajaran Kementerian Kesehatan harus menyesuaikannya baik dalam cara berfikir, bersikap dan bertindak. Perubahan pola berfikir yang dikehendaki lebih berorientasi kemasa depan yang mengutamakan profesionalisme. Untuk peningkatan profesionalisme telah ditetapkan adanya Jabatan Fungsional di lingkungan Kementerian Kesehatan. Melalui Surat Keputusan Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara Nomor. 17/Kep/M.PAN/11/2000 ditetapkan adanya Jabatan Fungsional Epidemiolog Kesehatan.
Berdasarkan Surat Keputusan tersebut, epidemiolog mempunyai tugas pokok dan fungsi sesuai dengan jenjangnya. Sehubungan dengan itu epidemiolog perlu memiliki kompetensi yang memadai sesuai dengan jenjangnya, agar mampu bekerja secara profesional. Salah satu upayanya adalah melalui pelatihan. Bagi calon pejabat epidemiolog, diwajibkan mengikuti pelatihan untuk pengangkatan karena merupakan salah satu persyaratan yang harus dipenuhi. Hal ini diberlakukan mengingat pejabat epidemiolog mempunyai latar belakang pendidikan yang beragam. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor : 101 pasal 11 tahun 2000, tentang Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Negeri Sipil, menyatakan bahwa untuk mencapai persyaratan kompetensi yang sesuai dengan jenis dan jenjang jabatan fungsional diperlukan suatu pelatihan yang disebut dengan pelatihan/diklat fungsional. Oleh karena itu untuk mencapai kompetensi yang diperlukan maka pejabat epidemiolog harus mengikuti pelatihan pembekalan sesuai dengan jenjang jabatannya. Pelatihan yang diselenggarakan harus bermutu, sesuai dengan kaidah-kaidah yang telah ditentukan, sehingga pelatihan yang dilaksanakan dapat terakreditasi, serta menghasilkan lulusan yang bermutu.
Sehubungan dengan hal tersebut di atas Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK) Ciloto akan menyelenggarakan Pelatihan Jabatan Fungsional Epidemiolog Kesehatan Ahli.

DAFTAR DISINI



<< kembali ke indeks berita



Berita Lainnya:


PEMBUKAAN PELATIHAN PENUGASAN KHUSUS TENAGA KESEHATAN INDIVIDUAL DI PUSKESMAS GELOMBANG V Angkatan 8
Senin, 22 Juli 2019 - 13:40 WIB
Kerjasama BBPK CIloto & Preparedness and Response USAID dalam Menyelenggarakan Workshop Instrumen Pemanfaatan One Health Assessment for Planning and Performance (OHAPP)
Senin, 22 Juli 2019 - 10:18 WIB
PEMBUKAAN PELATIHAN PENGADAAN BARANG DAN JASA PEMERINTAH TAHUN 2019
Senin, 15 Juli 2019 - 10:26 WIB
PEMBUKAAN PELATIHAN DASAR CPNS GELOMBANG 3 GOLONGAN II ANG. 2 & 3 TAHUN 2019 KEMENKES RI
Senin, 15 Juli 2019 - 09:00 WIB
Seminar & Workshop Penyusunan Grand Design BBPK Ciloto Sebagai Pusat Rujukan Pelatihan Epidemiologi Se-Asia Tenggara
Rabu, 10 Juli 2019 - 13:42 WIB
Pembukaan Latsar CPNS golongan II & III Kementerian Kesehatan
Kamis, 20 Juni 2019 - 09:50 WIB