Detail Info Terkini

Isi Informasi Tentang Kegiatan/Berita Di BBPK Ciloto

Pelatihan jabatan Fungsional Bidan Ahli

Dipublikasi Pada: Rabu, 23 Januari 2019 - 13:46 WIB


Dalam rangka pembinaan karir dan pengembangan profesionalisme Pegawai Negeri Sipil dalam menjalankan tugasnya khususnya di bidang kesehatan, saat ini telah ditetapkan 27 jenis jabatan fungsional kesehatan. Salah satunya adalah jabatan fungsional Bidan yang ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor : 01/PER/M.PAN/1/2008 tentang Jabatan Fungsional Bidan dan Angka Kreditnya.

Bidan adalah Pegawai Negeri Sipil yang diberi tugas, tanggung jawab, wewenang, dan hak secara penuh oleh pejabat yang berwenang untuk melakukan kegiatan kebidanan pada sarana pelayanan kesehatan. Menurut Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan) No.01 Tahun 2008, Bidan Ahli ialah Sarjana (S1) atau Diploma IV Kebidanan yang memiliki kompetensi untuk mengelola dan melaksanakan pelayanan kebidanan pada kasus fisiologis, asuhan pada kasus patologis kebidanan, asuhan pada kasus patologis dengan penyakit penyerta dan kegawatdaruratan di institusi pelayanan, berlandaskan etika, kode etik dan peraturan yang berlaku.

Salah satu cara untuk meningkatkan profesionalisme Bidan adalah dengan penetapan Jabatan Fungsional Bidan Ahli sesuai dengan Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor: 42/Kep/Menpan/ 12/2000. Adapun salah satu persyaratan untuk dapat diangkat/menduduki jabatan tersebut harus telah mengikuti pelatihan jabatan fungsional bidan ahli melalui pengangkatan dengan penyesuaian kedalam jabfung bidan yang ditetapkan berdasarkan surat.

Berdasarkan uraian tersebut di atas, maka Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK) Ciloto selaku lembaga pendidikan dan pelatihan Kementerian Kesehatan menyelenggarakan Pelatihan Jabatan Bidan Ahli bagi tenaga kesehatan Bidan, dimana pelatihan ini berlangsung dari tanggal 23 Januari samapi dengan 01 Februari 2019 sebanyak 30 peserta.



<< kembali ke indeks berita



Berita Lainnya:


PELATIHAN PELAYANAN PRIMA BERBASIS SOFT SKILLS BAGI SDM KESEHATAN
Kamis, 18 April 2024 - 09:20 WIB
GAMBARAN PERLUNYA PENGAWASAN MAKANAN JAJANAN ANAK SEKOLAH SD DI INDONESIA
Selasa, 02 April 2024 - 08:47 WIB
PELATIHAN EPIDEMIOLOGI LAPANGAN LEVEL INTERMEDIATE BAGI PETUGAS EPIDEMIOLOG DI DINAS KESEHATAN
Senin, 18 Maret 2024 - 17:33 WIB
PERSEPSI DOKTER GIGI TERHADAP PELATIHAN PENATALAKSANAAN KEGAWATDARURATAN BIDANG KEDOKTERAN GIGI KERJASAMA PDGI DENGAN BBPK CILOTO
Jumat, 16 Februari 2024 - 09:19 WIB
PENANDATANGANAN PERJANJIAN KINERJA DI LINGKUNGAN DIREKTORAT JENDERAL TENAGA KESEHATAN TAHUN 2024
Kamis, 15 Februari 2024 - 17:00 WIB
PELATIHAN KONSELING MENYUSUI DAN PELATIHAN SURVEILANS DAN PENGENDALIAN VEKTOR DAN BINATANG PEMBAWA PENYAKIT BAGI TENAGA ENTOMOLOG KESEHATAN DI PUSKESMAS
Senin, 12 Februari 2024 - 09:42 WIB