Detail Info Terkini

Isi Informasi Tentang Kegiatan/Berita Di BBPK Ciloto

PEmbukaan Pelatihan Diklat PIM IV dilingkungan Kementerian Kesehatan

Dipublikasi Pada: Senin, 25 Maret 2019 - 09:27 WIB


ciloto, 25 Maret 2019, Dalam sistem manajemen kepegawaian, pejabat struktural eselon IV memainkan peranan yang sangat menentukan dalam membuat perencanaan pelaksanaan kegiatan-kegiatan instansi dan memimpin bawahan dan seluruh stakeholder stratejik untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan tersebut secara efektif dan efisien. Tugas ini menuntutnya memiliki kompetensi kepemimpinan operasional, yaitu kemampuan dalam membuat perencanaan pelaksanaan kegiatan-kegiatan instansi dan kemampuan mempengaruhi serta memobilisasi bawahan dan stakeholder strategisnya dalam melaksanakan kegiatan yang telah direncanakan. Diklatpim IV yang inovatif yaitu penyelenggaraan Diklat yang memungkinkan peserta mampu menerapkan kompetensi yang telah dimilikinya, peserta dituntut untuk menunjukkan kinerjanya dalam merancang suatu perubahan di unit kerjanya dan memimpin perubahan tersebut hingga menimbulkan hasil yang signifikan.

Pembaharuan Diklatpim Tingkat IV ini diharapkan dapa tmenghasilkan alumni yang tidak hanya memiliki kompetensi, tetapi juga mampu menunjukkan kenerjanya dalam memimpin perubahan. Diklat Kepemimpinan IV diselenggarakan selama 97 (sembilan puluh tujuh) hari terdiri dari 282 jam pelajaran atau 32 hari kerja untuk pembelajaran klasikal dan 585 jam pelajaran atau 65 hari kerja pembelajaran non klasikal, jumlah peserta Diklat Kepemimpinan IV sebanyak 30 peserta.

Bertempat di Kelas Candra Dimuka Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK) Ciloto di dalam sambutannya Kepala BBPK CIloto, dr. Tri Nugroho, MQIH, yang mewakili Kepala Badan PPSDM Kesehatan mengatakan pada era Reformasi ini kita tengah berupaya melakukan berbagai perubahan-perubahan yang mendasar diberbagai bidang. Diantaranya adalah upaya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia, karena memegang peranan yang sangat penting dalam peningkatan kinerja organisasi. Dengan demikian mutu SDM perlu ditingkatkan secara terus menerus untuk dapat memberikan kontribusi yang optimal bagi pembangunan khususnya pembangunan bidang kesehatan. Diklatpim IV merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pelayanan melalui kepemimpinan yang akuntanbel. Diklat ini dirancang untuk mempersiapkan atau memantabkan kemampuan dan meningkatkan keterampilan pegawai dalam menduduki suatu jabatan sehingga mampu meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap dalam melaksanakan tugas jabatan struktural eselon IV secara profesional, dapat berperan aktif sebagai pemimpin pembaharu, melakukan perubahan-perubahan di masing-masing organisasi saudara. Hadir juga dalam pembukaan tersebut sebagai kepala Bidang Pelatihan Manajemen dan Non Teknis Kesehatan BBPK Ciloto, Budiman, ST, M.Kes.

Dalam sistem manajemen kepegawaian, pejabat struktural eselon IV memainkan peranan yang sangat menentukan dalam membuat perencanaan pelaksanaan kegiatan-kegiatan instansi dan memimpin bawahan dan seluruh stakeholder stratejik untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan tersebut secara efektif dan efisien. Tugas ini menuntutnya memiliki kompetensi kepemimpinan operasional, yaitu kemampuan dalam membuat perencanaan pelaksanaan kegiatan-kegiatan instansi dan kemampuan mempengaruhi serta memobilisasi bawahan dan stakeholder strategisnya dalam melaksanakan kegiatan yang telah direncanakan. Diklatpim IV yang inovatif yaitu penyelenggaraan Diklat yang memungkinkan peserta mampu menerapkan kompetensi yang telah dimilikinya, peserta dituntut untuk menunjukkan kinerjanya dalam merancang suatu perubahan di unit kerjanya dan memimpin perubahan tersebut hingga menimbulkan hasil yang signifikan.
 



<< kembali ke indeks berita



Berita Lainnya:


GAMBARAN PERLUNYA PENGAWASAN MAKANAN JAJANAN ANAK SEKOLAH SD DI INDONESIA
Selasa, 02 April 2024 - 08:47 WIB
PELATIHAN EPIDEMIOLOGI LAPANGAN LEVEL INTERMEDIATE BAGI PETUGAS EPIDEMIOLOG DI DINAS KESEHATAN
Senin, 18 Maret 2024 - 17:33 WIB
PERSEPSI DOKTER GIGI TERHADAP PELATIHAN PENATALAKSANAAN KEGAWATDARURATAN BIDANG KEDOKTERAN GIGI KERJASAMA PDGI DENGAN BBPK CILOTO
Jumat, 16 Februari 2024 - 09:19 WIB
PENANDATANGANAN PERJANJIAN KINERJA DI LINGKUNGAN DIREKTORAT JENDERAL TENAGA KESEHATAN TAHUN 2024
Kamis, 15 Februari 2024 - 17:00 WIB
PELATIHAN KONSELING MENYUSUI DAN PELATIHAN SURVEILANS DAN PENGENDALIAN VEKTOR DAN BINATANG PEMBAWA PENYAKIT BAGI TENAGA ENTOMOLOG KESEHATAN DI PUSKESMAS
Senin, 12 Februari 2024 - 09:42 WIB
PEMBUKAAN PELATIHAN PENGEMBANGAN MEDIA PRESENTASI BAGI SDM KESEHATAN GELOMBANG 1
Senin, 29 Januari 2024 - 14:22 WIB