Detail Info Terkini

Isi Informasi Tentang Kegiatan/Berita Di BBPK Ciloto

Pembukaan Latsar CPNS golongan II & III Kementerian Kesehatan

Dipublikasi Pada: Senin, 17 Juni 2019 - 09:50 WIB


Sebanyak 160 CPNS Kementerian Kesehatan mengikuti kegiatan Pembukaan Pelatihan Dasar Prajabatan CPNS Golongan II dan III  Tahun 2019 yang diselenggarakan di Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPk) Ciloto,  pada hari ini, Senin 17 Juni 2019. Pelatihan Dasar Prajabatan CPNS Golongan II dan III   Tahun 2019 ini bekerjasama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kesehatan - Kementerian Kesehatan.

Birokrasi kelas dunia adalah sistem yang mengelola administrasi pemerintahan dengan prinsip-prinsip good governance. Disana ada profesionalisme birokrat yang tinggi, kompetensi tinggi, transparansi dan akuntabilitas yang tinggi. Etos kerja para birokrat berada pada kematangan dan kedewasaan sistem birokrasi. Sistem bekerja efisien dan efektif. Adapun kompetensi yang harus dimiliki ASN adalah Integritas, Nasionalime tinggi, Wawasan Global, memahami IT (information technology), Menguasai Bahasa Asing, Sifat & sikap Hospitality, Kemampuan Networking dan memiliki jiwa Enterpreneurship.

Pegawai berperan penting mulai tahap perencanaan hingga pelaksanaan. Bahkan tidak berlebihan jika kita katakan bahwa pegawai merupakan aktor utama dalam pengembangan kompetensi ASN. Momen era Revolusi Industri 4.0 seharusnya menjadi pemicu bagi ASN mengembangkan kompetensinya agar bisa “survive” di tengah era baru ini.

Menteri Kesehatan mengatakan pemerintah terus melakukan penguatan pelayanan kesehatan masyarakat demi meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia menuju revolusi industri 4.0, sesuai Nawacita kelima, Kementerian Kesehatan menerjemahkan menjadi aksi nyata melalui Program Indonesia Sehat.
ž
Arus globalisasi sudah tidak terbendung masuk ke Indonesia. Seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih, dunia kini memasuki era revolusi industri 4.0, yaitu menekankan pola digital economy,artificial intelligence, big data, robotic, dan lain sebagainya atau dikenal dengan fenomena disruptive innovation.
Modal untuk menghadapi era revolusi industri 4.0 atau revolusi industri generasi keempat, kalangan milenial harus membekali diri dengan formula 4C, yakni critical thinking (berpikir kritis), creativity (kreatif), communication (komunikasi) dan collaboration (kolaborasi). Menghadapi revolusi industri, setiap orang harus meningkatkan kapasitasnya.

CPNS perlu dipersiapkan memasuki kultur baru di birokrasi dengan mandat pelayanan yang bisaberkolaborasi dengan adanya revolusi industri 4.0. Perlu membentuk karakter PNS, untuk mampu bersikap dan bertindak profesional dalam mengelola tantangan dan masalah keragaman sosial kultural dengan menggunakan perspektif whole of government yang didasari nilai-nilai dasar PNS berdasarkan kedudukan dan peran PNS dalam NKRI pada setiap pelaksanaan tugas jabatannya sebagai pelayan masyarakat. Pelatihan Dasar CPNS diarahkan pula untuk meningkatkan kompetensi bidang tugas.

Pada kesempatan ini pembukaan pelatihan Latsar CPNS Golongan II dan III dihadiri oleh Kepala Balai Besar Pelatihan Kesehatan ciloto, dr. Tri Nugroho, MQIH, Kepala Bidang Managemen Non Teknis Kesehatan Budiman, ST, M.Kes, hadir pula Kepala Subbidang Pemetaan Kebutuhan Pelatihan, Bidang Analisis Kompetensi dan Kebutuhan Pelatihan, Pusat Pelatihan Sumber Daya Manusia Kesehatan Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan Kementerian Kesehatan Ns. ELLA ANDALUSIA, S.Kep.



<< kembali ke indeks berita



Berita Lainnya:


PELATIHAN TOT PADA PELATIHAN SURVEILANS PD3I BAGI PETUGAS SURVEILANS DI KABUPATEN/KOTA DAN PROVINSI
Senin, 06 Mei 2024 - 13:51 WIB
PELATIHAN PUBLIC SPEAKING BAGI SDM KESEHATAN
Kamis, 02 Mei 2024 - 13:24 WIB
PELATIHAN PENUGASAN KHUSUS TENAGA KESEHATAN BERBASIS TIM BATCH XXVII
Jumat, 19 April 2024 - 11:00 WIB
PELATIHAN PELAYANAN PRIMA BERBASIS SOFT SKILLS BAGI SDM KESEHATAN
Kamis, 18 April 2024 - 09:20 WIB
GAMBARAN PERLUNYA PENGAWASAN MAKANAN JAJANAN ANAK SEKOLAH SD DI INDONESIA
Selasa, 02 April 2024 - 08:47 WIB
PELATIHAN EPIDEMIOLOGI LAPANGAN LEVEL INTERMEDIATE BAGI PETUGAS EPIDEMIOLOG DI DINAS KESEHATAN
Senin, 18 Maret 2024 - 17:33 WIB