Detail Info Terkini

Isi Informasi Tentang Kegiatan/Berita Di BBPK Ciloto

Pelatihan Pembekalan Nusantara Sehat Individu (NSI) Gelombang 6

Dipublikasi Pada: Selasa, 20 Agustus 2019 - 14:04 WIB


Pelatihan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Pusat Pelatihan SDM Kesehatan, dr Achmad Soebagjo Tancarino, MARS pada tanggal 20 Agustus 2019, didampingi oleh Kepala Bidang Pelatihan Teknis dan FUngsional BBPK Ciloto, Widyaisawara BBPK Ciloto dr. Yan Bani Luza, MKM dan perwakilan dari Pusdikkes Kodiklat TNI AD.
Pelatihan ini diikuti oleh 31 orang untuk ditempatkan di 22 Puskesmas yang tersebar di 9 propinsi. Adapun profesi peserta terdiri dari 9 tenaga kesehatan yang dibutuhkan oleh Puskesmas, dengan peserta terbanyak adalah 8 Dokter dan Dokter Gigi 8 orang. Tenaga yang lainnya adalah Bidan, Perawat, ATLM, Tenaga Farmasi, Tenaga Gizi, Tenaga Kesehatan Lingkungan dan Tenaga Kesehatan Masyarakat.

Program Indonesia Sehat merupakan salah satu program Agenda ke-5 Nawa Cita, yaitu “meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia”. Program Indonesia Sehat ini selanjutnya dituangkan dalam bentuk rencana jangka menengah Kementerian Kesehatan yang  ditetapkan pada keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.02.02/Menkes/52/2015 tentang Rencana Strategis Kementerian Kesehatan dimana salah satu kebijakannya pada periode 2015-2019 adalah Penguatan Pelayanan Kesehatan Primer.
Penguatan Pelayanan Kesehatan Primer merupakan garda terdepan dalam pelayanan kesehatan masyarakat untuk melakukan upaya preventif dan promotif secara luas, khususnya dalam mendukung Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga. Penguatan dan pemenuhan kebutuhan pelayanan kesehatan dilakukan dengan menugaskan tenaga kesehatan khususnya pada Puskesmas di Daerah Tertinggal, Perbatasan, dan Kepulauan (DTPK).  
Situasi di DTPK sangat berbeda dengan daerah lainnya. Ketersediaan tenaga kesehatan dan sarana prasarana merupakan masalah utama yang terjadi di lapangan. Namun demikian, aktivitas pelayanan wajib dilaksanakan dan pelayanan kesehatan kepada masyarakat tidak dapat ditunda. Oleh sebab itu diperlukan kebijakan khusus mengenai model penempatan tenaga kesehatan di fasilitas pelayanan kesehatan disesuaikan dengan karakteristik daerah dan tidak menyamaratakan kebijakan tersebut untuk seluruh wilayah Indonesia.
Berbagai program dalam rangka pemenuhan akses dan mutu pelayanan kesehatan telah dilakukan, namun demikian masih diperlukan suatu program penempatan tenaga kesehatan yang komprehensif melalui pendekatan promotif, preventif dan kuratif, dan rehabilitatif. Oleh karena itu Pemerintah menugaskan tenaga kesehatan melalui Penugasan Khusus Tenaga Kesehatan Dalam Mendukung Program Nusantara Sehat yang diharapkan mampu melaksanakan program secara terintegrasi dan memberikan pelayanan kesehatan secara optimal di tingkat pelayanan dasar khususnya di DTPK
Penugasan khusus tenaga kesehatan ini dapat dilakukan melalui penugasan khusus tenaga kesehatan berbasis tim (team based) dan penugasan khusus tenaga kesehatan individual (Tugsus Individu).   
Tugsus individu dilakukan secara perorangan  yang terdiri atas  perawat, ahli teknologi laboratorium medik, dan jenis tenaga kesehatan yang masuk dalam kelompok tenaga gizi, tenaga kesehatan lingkungan, , dan tenaga kesehatan masyarakat. Penempatan tenaga kesehatan disesuaikan dengan prioritas kebutuhan suatu wilayah.
Agar tercapainya program Indonesia Sehat melalui pelaksanaan Program Nusantara Sehat  maka bagi tenaga kesehatan yang akan ditugaskan diberi pembekalanselama 6 hariterkait untuk memperkuat pelayanan kesehatan di puskesmas. Pembekalan akan terdiri dari bela negara, Internalisasi Nilai Revolusi Mental Bidang Kesehatan, Etika dan Penguatan Skill Profesi, Kerjasama Efektifyang diiharapkan dapat meningkatkan kompetensidan profesionalitas tenaga kesehatan yang ditempatkan.



<< kembali ke indeks berita



Berita Lainnya:


GAMBARAN PERLUNYA PENGAWASAN MAKANAN JAJANAN ANAK SEKOLAH SD DI INDONESIA
Selasa, 02 April 2024 - 08:47 WIB
PELATIHAN EPIDEMIOLOGI LAPANGAN LEVEL INTERMEDIATE BAGI PETUGAS EPIDEMIOLOG DI DINAS KESEHATAN
Senin, 18 Maret 2024 - 17:33 WIB
PERSEPSI DOKTER GIGI TERHADAP PELATIHAN PENATALAKSANAAN KEGAWATDARURATAN BIDANG KEDOKTERAN GIGI KERJASAMA PDGI DENGAN BBPK CILOTO
Jumat, 16 Februari 2024 - 09:19 WIB
PENANDATANGANAN PERJANJIAN KINERJA DI LINGKUNGAN DIREKTORAT JENDERAL TENAGA KESEHATAN TAHUN 2024
Kamis, 15 Februari 2024 - 17:00 WIB
PELATIHAN KONSELING MENYUSUI DAN PELATIHAN SURVEILANS DAN PENGENDALIAN VEKTOR DAN BINATANG PEMBAWA PENYAKIT BAGI TENAGA ENTOMOLOG KESEHATAN DI PUSKESMAS
Senin, 12 Februari 2024 - 09:42 WIB
PEMBUKAAN PELATIHAN PENGEMBANGAN MEDIA PRESENTASI BAGI SDM KESEHATAN GELOMBANG 1
Senin, 29 Januari 2024 - 14:22 WIB