Detail Info Terkini

Isi Informasi Tentang Kegiatan/Berita Di BBPK Ciloto

Pembukaan Pelatihan Pengelolaan Kesehatan Terpadu (One Health) Angkatan 1

Dipublikasi Pada: Senin, 28 Oktober 2019 - 15:58 WIB


Assisten Deputy P2P Kemenko PMK RI. Ibu Meida Octarina, MCN berkesempatan membuka secara resmi Pelatihan Pengelolaan Kesehatan Terpadu (One Health) angkatan 1 didampingi oleh Kepala Seksi Pelatihan Teknis Nonkesehatan BBPK Ciloto dan MOT Widyaiswara BBPK Ciloto Etna Saraswati, MKM. Bertempat di Wisma CandraDimuka, dengan jumlah peserta 30 orang yang terdiri dari Satuan kerja yang ada Provinsi Banten, lintas sektor yakni Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, BAPPEDA, Dinas Peternakan, BPBD, UPTD Pelayanan dan Pengujian Veteriner Dinas Pertanian dsb.
Dalam kesempatan tersebut Ibu Meida Octarina, memberikan arahan bahwa meningkatnya kerentanan masyarakat global akibat dampak negatif perubahan iklim, pertumbuhan populasi manusia, meningkatnya lalu lintas barang, jasa dan hewan lintas negara serta praktikpertanian, peternakan dan industri yang tidak ramah lingkungan telah mengantarkan umat manusia pada tantangan global penyebaran penyakit infeksius yang baru muncul (emerge) atau muncul kembali (re-emerge) yang sangat erat kaitannya dengan manusia, hewan, dan lingkungan tempat kita tinggal.
Kompleksitas permasalahan penularan penyakit zoonosis mendorong setiap negara untuk berkolaborasi dan berkoordinasi lintas sektor dalam menangani berbagai tantangan kesehatan, salah satu contoh kolaborasi lintas sektor–lintas pemerintah, yaitu dalam program Sustainable Development Goals (SDG’s) atau tujuanpembangunan berkelanjutan.  Program ini memiliki 17 target pembangunan berkelanjutan, dimana salah satu capaian utamanya adalah peningkatan indikator kesehatan global (goals 3: good health and wellbeing) yang mendorong setiap negara berpartisipasi, bekerja sama,dan berkolaborasi satu sama lainuntuk mencapai kesehatan bagi semua orang.
Dengan melihat permasalahan dan tantangan tersebut, saya menyambut dengan baik konsep “One Health” sebagai upaya kolaborasi lintas sektor kesehatan manusia, hewan, dan lingkungan untuk mencapai kesehatan yang optimal bagi keseluruhan.Untuk membantu dalam melakukan koordinasi dan kolaborasi lintas sektor dan lintas pemerintahan beberapa regulasi telah diterbitkan dan yang paling terbaru adalah Instruksi Presiden RI No.4 tahun 2019 tentang Peningkatan Kemampuan dalam Mencegah, Mendeteksi dan Merespon Wabah Penyakit, Pendemi Global dan Kedaruratan Nuklir, Biologi dan Kimia. Berdasarkan INPREStersebut, kami mengharapkanBBPK CILOTO KEMENKES RI dapatmempersiapkan peningkatankapasitas SDMkesehatandalam upayamencegah, mendeteksi, dan merespon wabah penyakit, pendemi global, dan kedaruratan nuklir, biologi dan kimia.

<< kembali ke indeks berita



Berita Lainnya:


Pelatihan Basic Trauma Cardiac Life Support
Senin, 09 Desember 2019 - 14:18 WIB
Program Magang: Sarana Berbagi Ilmu, Aplikasi dan Pengalaman
Senin, 18 November 2019 - 14:19 WIB
Menteri Kesehatan RI secara resmi menutup tim Nusantara Sehat batch XIV
Kamis, 31 Oktober 2019 - 18:00 WIB
Pembukaan Pelatihan Pembekalan Nusantara Sehat Individu (NSI) Gelombang 8 & Pelatihan Penugasan Khusus Tenaga Kesehatan Individu (Kategori II) - PENSUS Gelombang III
Jumat, 25 Oktober 2019 - 15:32 WIB
Pembukaan Pelatihan TENAGA PELATIH PROGRAM KESEHATAN (TPPK) Gelombang 2
Senin, 21 Oktober 2019 - 15:29 WIB
Apel Perdana Kepala BBPK Ciloto Yang Baru (Hal Mewah Yang Patut Disyukuri)
Senin, 14 Oktober 2019 - 08:48 WIB