TUTUP MENU PORTAL
Pendaftaran Pelatihan


Ciloto Learning
Center


Pelaporan Diklat


Monitoring Sertifikat


Analisis Kebutuhan
Diklat


Akreditasi Ciloto


Perpustakaan


Elogbook


Whistle Blowing
System


Penataan Arsip
WBK

M
E
N
U

P
O
R
T
A
L

Detail Info Terkini

Isi Informasi Tentang Kegiatan/Berita Di BBPK Ciloto

Akupresur solusi mengatasi masalah susah tidur dan stress pada masyarakat akibat wabah covid-19

Dipublikasi Pada: Senin, 27 April 2020 - 12:30 WIB


Apa Itu COVID-19?
Kondisi yang dirasakan oleh masyarakat akibat banyaknya pemberitaan tentang covid-19

Pada tanggal 11 Februari 2020 World Health Organization (WHO) mengumumkan nama penyakit yang disebabkan 2019-nCov, yaitu Coronavirus Disease (COVID-19). COVID-19 adalah jenis baru coronavirus yang pada manusia menyebabkan penyakit mulai flu biasa hingga penyakit yang serius. Banyaknya keluhan dari masyarakat akibat pemberitaan tentang dampak covid – 19 dirasakan sangat menakutkan.

Berita yang masyarakat dapat hampir setiap hari bahkan setiap saat dari medsos, televisi, koran bahkan langsung dari cerita masyarakat sendiri Infomasi terkait covid-19 benar atau tidaknya kian gencar ditengah tengah masyarakat diantaranya adalah jumlah orang yang meninggal, PDP (Pasien Dalam Pengawasan), ODP (Orang Dalam Pemantauan).

Karena seringnya mendapatkan informasi lama – lama terjadi keresahan dirasakan masyarakat apalagi belum terbiasa dengan adanya kebijakan harus Social Distancing dan penggunaan masker yang belum terbiasa dirasakan oleh masyarakat dianggapnya pengap dan susah nafas. Kondisi yang dirasakan oleh masyarakat jadi stress bahkan sulit untuk tidur.

Apakah itu stress?

Stres adalah respons terhadap peristiwa sehari-hari yang memengaruhi kondisi fisik, perilaku dan emosional. Selain dapat membuat stres juga bisa memicu kecemasan, depresi, sulit konsentrasi, sampai dengan gangguan susah tidur, dan sebagainya.

Apa yang menjadi penyebab susah tidur?

Yang menjadi penyebab seseorang mengalami susah tidur biasanya ada faktor tertentu yang menjadi penyebabnya. Seperti banyak pikiran atau stres adalah salah satu alasan utama yang seringkali dirasakan.

Kehidupan ini memang tak dapat lepas dari berbagai masalah penyebab stres, yang sering menjadi penyebab masalah gangguan tidur. Sebenarnya kita masih tetap dapat mengendalikan stres akibat banyaknya pikiran, sehingga mampu memperbaiki kualitas dan kuantitas tidur yang merupakan ukuran dimana seseorang itu dapat dengan mudah dalam memulai tidur dan untuk mempertahankan tidur. Kualitas tidur seseorang dapat digambarkan yaitu dengan lama waktu tidur dan keluhan-keluhan yang dirasakan saat tidur ataupun setelah bangun tidur. Kebutuhan tidur yang cukup dapat ditentukan oleh faktor kualitas tidur dan jumlah jam tidur.

Seseorang bisa tidur ataupun tidak dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah karena stres akan menyebabkan gangguan pada frekwensi tidur

Download Karya Tulis Ilmiah oleh Ahsanul Mar’ah, S.Kep,Ners,M.H


 



<< kembali ke indeks berita



Berita Lainnya:


Survey Kepuasan Pelanggan (Periode Januari - Desember 2020)
Rabu, 01 Juli 2020 - 10:00 WIB
Pelantikan Agent Of Change (AOC) BBPK Ciloto 2020
Rabu, 17 Juni 2020 - 13:42 WIB
Apel Pagi Perdana Dalam Era New Normal
Senin, 08 Juni 2020 - 15:18 WIB
Pelantikan Dan Pengambilan Sumpah Jabatan Pejabat Administrasi di Balai Besar Pelatihan Kesehatan BBPK Ciloto
Selasa, 02 Juni 2020 - 13:00 WIB
Pertemuan Rutin Pegawai Dalam Rangka Pembanguna POla Pikir dan Budaya Kerja
Selasa, 05 Mei 2020 - 16:53 WIB
Meningkatkan Sistem kekebalan Tubuh Pada masa Pandemi Covid-19
Senin, 27 April 2020 - 13:05 WIB