TUTUP MENU PORTAL
Pendaftaran Pelatihan


Ciloto Learning
Center


Pelaporan Diklat


Analisis Kebutuhan
Diklat


Akreditasi Ciloto


Elogbook


Whistle Blowing
System


Penataan Arsip
WBK

M
E
N
U

P
O
R
T
A
L

Detail Info Terkini

Isi Informasi Tentang Kegiatan/Berita Di BBPK Ciloto

HYPNOTHERAPI SEBAGAI TERAPI KOMPLEMENTER UNTUK MENGATASI KECEMASAN BERLEBIH (ANXIETAS)

Dipublikasi Pada: Rabu, 22 Juli 2020 - 10:50 WIB


    Manfaat hipnoterapi untuk kecemasan bertujuan mencari akar permasalahan untuk mengatasi emosi yang seringkali dialami. Hipnoterapi bekerja untuk mengubah pikiran dan perasaan individu yang terkait dengannya sehingga dapat meningkatkan kepercayaan diri. 
Tujuan dari kebanyakan hipnoterapi untuk mengubah beberapa aspek perilaku yang tidak diinginkan. Aspek perilaku yang akan diubah bisa menjadi sesuatu seperti makan berlebihan, berhenti merokok, kecemasan atau dapat berkisar ke gangguan kepribadian yang lebih serius seperti psikosis. Terapis, dalam hipnoterapi, menempatkan subjek ke trans seperti keadaan di mana terapis dapat memberikan saran atau berbicara dengan pikiran bawah sadar subjek secara langsung. Pada dasarnya, trans memungkinkan terapis untuk memotong subjek sadar.
Setiap proses hipnotis dan hipnoterapi selalu dimulai dengan percakapan antara hypnotist dan subyek. Tujuan dari interview antara lain menjalin keakraban antara terapis dan klien, memahami masalah klien, menentukan tujuan terapi, dan menjelaskan kepada klien tentang prosedur terapi yang akan dilakukan. Setelah terbangun kepercayaan maka dilakukanlah induksi merupakan cara yang  digunakan  oleh  hypnotist/hypnotherapist  untuk  membimbing  klien menuju  kondisi hipnotis. 
Syarat utama agar seorang klien bisa sembuh/berubah melalui hipnotis yaitu klien harus punya keinginan untuk sembuh/berubah dari dirinya sendiri, bukan karena paksaan orang lain. Agar klien tetap dalam kondisi trance maka dilakukan deepening merupakan kelanjutan dari induksi sampai mencapai level somnambulism yang merupakan  kondisi  ideal  untuk terapi.  Setelah klien mencapai level kedalaman hipnotis yang ideal, terapi pikiran akan dimulai. Bentuk terapinya bisa berupa pemberian sugesti yang sudah dirancang sedemikian rupa atau menggali akar masalah untuk dinetralisir pengaruhnya. Apabila  masalah  yang dihadapi klien disebabkan oleh peristiwa traumatik di masa lalu, maka diperlukan teknik terapi khusus seperti Age Regression, Time Line Therapy, Hypnoanalysis, Forgiveness Therapy, Chair Therapy, atau terapi lainnya.  Setelah selesai pemberian sugesti maka klien akan diterminasi dengan membangunkan  klien.


Download Karya Tulis Ilmiah
 (Yan Bani Luza Prima Wangsa)


<< kembali ke indeks berita



Berita Lainnya:


Pembukaan Pelatihan Pelayanan Kefarmasian bagi Tenaga Kefarmasian di Puskesmas
Senin, 10 Agustus 2020 - 15:16 WIB
Membangun Revolusi Mental Menuju BBPK Ciloto Hebat
Rabu, 22 Juli 2020 - 13:36 WIB
ASAM URATKU SEMBUH ATAS ANUGRAH ALLAH
Rabu, 22 Juli 2020 - 10:36 WIB
THE IMPLEMENTATION OF STRATEGIK LEADERSHIP AT BBPK CILOTO 2020
Rabu, 22 Juli 2020 - 09:58 WIB
WUJUDKAN GIGI SEHAT UNTUK HIDUP YANG LEBIH SEHAT SEPANJANG HAYAT
Rabu, 22 Juli 2020 - 09:54 WIB
MENENGOK ASPEK ERGONOMI STASIUN KERJA KITA
Rabu, 22 Juli 2020 - 09:50 WIB