TUTUP MENU PORTAL
Pendaftaran Pelatihan


Ciloto Learning
Center


Pelaporan Diklat


Analisis Kebutuhan
Diklat


Akreditasi Ciloto


Elogbook


Whistle Blowing
System


Penataan Arsip
WBK

M
E
N
U

P
O
R
T
A
L

Detail Info Terkini

Isi Informasi Tentang Kegiatan/Berita Di BBPK Ciloto

Pembukaan Pelatihan Jarak Jauh (PJJ) Bagi Tutor

Dipublikasi Pada: Jumat, 14 Agustus 2020 - 14:15 WIB


     Bertempat di kampus utama Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK) Ciloto pada hari kamis, 6 agustus 2020 Plh, Kepala Pusat Pelatihan SDM Kesehatan, Bapak Nusli Imansayah, SKM.. M.Kes membuka secara resmi Pelatihan Jarak Jauh Bagi Tutor secara Daring. Dalam melaksanakan pelatihan, pada Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2014 Tentang Tenaga Kesehatan Pasal 31 Ayat 1 dinyatakan bahwa pelatihan harus memenuhi program pelatihan dan tenaga pelatih yang sesuai dengan standar profesi dan standar kompetensi serta diselenggarakan oleh institusi penyelenggara pelatihan yang terakreditasi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
Pelatihan bidang Kesehatan merespon Undang-Undang tersebut dengan menyaratkan bahwa sebuah pelatihan dapat terselenggara setelah terakreditasi dan diselenggarakan oleh institusi penyelenggara pelatihan yang terakreditasi.
Akreditasi pelatihan di bidang kesehatan bertujuan agar pelatihan di bidang kesehatan terselenggara sesuai dengan standar, sehingga terkendali mutu pembelajaran-nya, mutu peserta-nya, mutu pelatih-nya, mutu penyelenggara pelatihan-nya, dan mutu tempat penyelenggaraan-nya termasuk sarana dan prasarana pelatihan. Terkait dengan pelatihan jarak jauh bidang kesehatan, kita perlu mengembangkan kurikulum LJJ Online yang harus mengacu pada kuriulum pelatihan klasikalnya yang telah terakreditasi, kemudian pelatihan jarak jauh ini diajukan akreditasinya ke Puslat SDMK.
Komponen SDM pendukung yang dibutuhkan dalam pelatihan jarak jauh adalah adanya Peserta, n/Trainee support, Tutor, Penyelenggara dan Admin. Tutor adalah seseorang yang bertugas membantu peserta LJJ online dalam mengatasi kesulitan dan hambatan selama proses pembelajaran. Dalam hal ini tutor berperan sebagai fasilitator, nara sumber, konsultan, atau sebagai penghubung peserta dengan pihak-pihak lain selama proses pembelajaran berlangsung sesuai dengan waktu yang disepakati. Untuk tenaga Pelatih/ Tutor pada pelatihan jarak jauh disyaratkan adaya tenaga Pelatih/ Tutor yang kompeten yang dibuktikan dengan sertifikat telah mengikuti pelatihan Tutor LJJ. Kompetensi Tutor dimaksud minimal harus mampu menggunakan Learning Management System (LMS), yaitu aplikasi perangkat lunak untuk dokumentasi, administrasi, pelacakan, pelaporan program pelatihan, kelas dan kegiatan ‟online‟, program pembelajaran elektronik, dan isi pelatihan. Dengan terjadinya peningkatan kebutuhan/demand pelatihan jarak jauh (distance learning) bidang kesehatan, maka kebutuhan tenaga Tutor juga meningkat.  Kondisi ini menuntut kita untuk melakukan pelatihan bagi Tutor yang akan difungsikan sebagai tenaga pelatih/fasilitator pada pelatihan jarak jauh.
Sangat layak jika saat ini diselenggarakan pelatihan jarak jauh bagi Tutor di BBPK Ciloto untuk mencetak tenaga-tenaga Tutor yang nantinya akan mampu memfasilitasi proses pembelajaran jarak jauh. Ke depan kita akan terus mencukupi kebutuhan ini.
Banyak tuntutan masyarakat akan pelayanan yang bermutu. Dan ada harapan klien untuk pemenuhan program pelatihan sesuai dengan standar. Inilah tantangan kita bersama sebagai institusi pelatihan, dan kita harus mengarah ke sana. Pengembangan kompetensi SDMK sesuai kebutuhan secara berkesinambungan akan terus dilaksanakan.

<< kembali ke indeks berita



Berita Lainnya:


Aspek Lingkungan Fisik Dapat Meningkatkan Kinerja Karyawan di Perkantoran
Selasa, 08 September 2020 - 13:22 WIB
PELATIHAN TENAGA PELATIH PROGRAM KESEHATAN DI BALAI BESAR PELATIHAN KESEHATAN (BBPK) CILOTO
Senin, 31 Agustus 2020 - 16:06 WIB
Pembukaan Pelatihan Pelayanan Kefarmasian bagi Tenaga Kefarmasian di Puskesmas
Senin, 10 Agustus 2020 - 15:16 WIB
Membangun Revolusi Mental Menuju BBPK Ciloto Hebat
Rabu, 22 Juli 2020 - 13:36 WIB
HYPNOTHERAPI SEBAGAI TERAPI KOMPLEMENTER UNTUK MENGATASI KECEMASAN BERLEBIH (ANXIETAS)
Rabu, 22 Juli 2020 - 10:50 WIB
ASAM URATKU SEMBUH ATAS ANUGRAH ALLAH
Rabu, 22 Juli 2020 - 10:36 WIB