Detail Info Terkini

Isi Informasi Tentang Kegiatan/Berita Di BBPK Ciloto

WORKSHOP TENAGA KESEHATAN RDT ANTIGEN TAHUN 2021

Dipublikasi Pada: Rabu, 10 Februari 2021 - 13:00 WIB


Hari Rabu, pada tanggal 10 Februari 2021. Bertempat di Kampus Utama BBPK Ciloto dimulainya penyelenggaraan Workshop Pelaksana Rapid Diagnostik Tes-Antigen Bagi Tenaga Kesehatan Puskesmas gelombang 1 (Angkatan 1 & 2) secara daring/online selama 2 hari, dimulai dengan acara pembukaan yang dihadiri oleh Plt. Kepala Badan PPSDM Kesehatan, Kepala Pusat Pelatihan SDM Kesehatan, para pejabat Adminstrasi dan Fungsional BBPK Ciloto dan Puslitbang Kemenkes, para Fasilitator dan Pengendali Pelatihan dan para undangan beserta peserta Workshop Pelaksana Rapid Diagnosis T-Antigen Bagi Tenaga Kesehatan di Puskesmas.
Seiring dengan meningkatnya kasus secara signifikan dihampir seluruh wilayah Indonesia, maka kebutuhan peningkatan dan perluasan kapasitas dan penambahan fasilitas pelayanan kesehatan khusus penanggulangan COVID-19, dan konsekuensi langsung bagi Rumah Sakit sebagai tempat pelayanan pasien COVID-19 harus selalu mengambil sampel specimen hasil swab pasien secara berkala dan dikirimkan ke laboratorium untuk diperiksa keberadaan virus Covid-19 pada specimen.
..
Selain itu Puskesmas sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan di masyarakat, saat ini juga melakukan pemeriksaan specimen swab pasien COVID19 dari hasil tracing kontak langsung penderita COVID19 dengan metode swab. Maka sehubungan hal tersebut diperlukan peningkatan kapasitas petugas kesehatan di Puskesmas dalam pelaksanaan pemeriksaan sampel swab COVID19 tersebut salah satunya dalam bentuk Workshop Pelaksanaan Rdt-Antigen Bagi Nakes Puskesmas dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas tenaga kesehatan Puskesmas dalam melakukan pemeriksaan sampel dengan RDT-Antigen.
..
BBPK Ciloto akan melaksanakan workshop dengan jumlah peserta sebanyak 1.518 orang akan dilaksanakan dalam 2 gelombang, pada gelombang 1 dilatih 269 PKM atau sebanyak 807 orang. dengan profesi Dokter Gigi, Perawat Gigi, Perawat yang berasal dari 269 Puskesmas masing-masing Puskesmas terdiri 2 orang peserta di 5 Kabupaten Provinsi Jawa Barat dan sisa nya dengan rencana akan dilatih pada gelombang 2 yg akan dilaksanakan pad tanggal 15 - 16 Februari 2021.

@bbpkciloto



<< kembali ke indeks berita



Berita Lainnya:


PELATIHAN PELAYANAN PRIMA BERBASIS SOFT SKILLS BAGI SDM KESEHATAN
Kamis, 18 April 2024 - 09:20 WIB
GAMBARAN PERLUNYA PENGAWASAN MAKANAN JAJANAN ANAK SEKOLAH SD DI INDONESIA
Selasa, 02 April 2024 - 08:47 WIB
PELATIHAN EPIDEMIOLOGI LAPANGAN LEVEL INTERMEDIATE BAGI PETUGAS EPIDEMIOLOG DI DINAS KESEHATAN
Senin, 18 Maret 2024 - 17:33 WIB
PERSEPSI DOKTER GIGI TERHADAP PELATIHAN PENATALAKSANAAN KEGAWATDARURATAN BIDANG KEDOKTERAN GIGI KERJASAMA PDGI DENGAN BBPK CILOTO
Jumat, 16 Februari 2024 - 09:19 WIB
PENANDATANGANAN PERJANJIAN KINERJA DI LINGKUNGAN DIREKTORAT JENDERAL TENAGA KESEHATAN TAHUN 2024
Kamis, 15 Februari 2024 - 17:00 WIB
PELATIHAN KONSELING MENYUSUI DAN PELATIHAN SURVEILANS DAN PENGENDALIAN VEKTOR DAN BINATANG PEMBAWA PENYAKIT BAGI TENAGA ENTOMOLOG KESEHATAN DI PUSKESMAS
Senin, 12 Februari 2024 - 09:42 WIB