Detail Info Terkini

Isi Informasi Tentang Kegiatan/Berita Di BBPK Ciloto

Pencanangan Kembali Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi / Wilayah Birokrasi Bersih Dan Melayani

Dipublikasi Pada: Selasa, 08 Juni 2021 - 14:03 WIB


Zona Integritas (ZI) merupakan sebutan atau predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK dan WBBM melalui upaya pencegahan korupsi, reformasi birokrasi, dan peningkatan kualitas pelayanan publik. Pencanangan Pembangunan ZI dilakukan oleh instansi pemerintah yang pimpinan dan seluruh atau sebagian besar pegawainya telah menandatangani Dokumen Pakta Integritas. Pencanangan pembangunan ZI dilaksanakan secara terbuka dan dipublikasikan secara luas dengan maksud agar semua pihak termasuk masyarakat dapat memantau, mengawal, mengawasi, dan berperan serta dalam program kegiatan reformasi birokrasi khususnya di bidang pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.
Hari Selasa, tanggal 08 Juni 2021 merupakan momen penting bagi catatan Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK) Ciloto karena pada hari ini diadakan acara ”Pencanangan Kembali Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) serta Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM)”.
Acara dimulai dengan persiapan sehari sebelumnya dan dilaksanakan pada hari berikutnya, dimulai dengan Pembukaan dari Kepala BBPK Ciloto, Bapak Sjamsul Ariffin, SKM., M.Epid dan sambutan dari Inspektorat Jenderal Kementerian Kesehatan RI dengan menghadirkan saksi-saksi secara virtual meeting dari :
1.     Inspektorat Jenderal Kemenkes RI (Inspektur IV) yaitu Bapak Edward Harefa, SE., MM., CFrA., QIA., QCRO., QGIA.;
2.     Sekretaris Badan PPSDM Kesehatan – Kemenkes RI yaitu Ibu dr. Trisa Wahyuni Putri, M.Kes;
3.     Plt. Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) yaitu Bapak Dr. dr. Maxi Rein Rondonuwu, DHSM., MARS;
4.     Kepala Pusdiklat Anggaran dan Perbendaharaan – Kemenkeu RI yaitu Bapak Bambang Juli Istanto;
5.     Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Sukabumi yaitu Bapak Sudirman.
 
Acara puncak merupakan penandatanganan piagam oleh Kepala BBPK Ciloto dan saksi-saksi secara virtual. Pembacaan Pakta Integritas merupakan acara selanjutnya yang dibacakan oleh Kepala BBPK Ciloto dengan diikuti oleh seluruh pegawai BBPK Ciloto dengan penandatanganan Komitmen Bersama.
Terdapat dua komponen yang harus dibangun oleh instansi pemerintah dalam pembangunan Zona Integritas menuju WBK/ WBBM, yaitu Komponen Pengungkit dan Komponen Hasil. Komponen Pengungkit yang harus dibangun yaitu Manajemen Perubahan, Penataan Tata Laksana, Penataan Sistem Manajemen SDM, Penguatan Akuntabilitas Kinerja, Penguatan Pengawasan, dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik.
Komponen Hasil merupakan sasaran hasil pembangunan Zona Integritas menuju WBK/ WBBM, yang terdiri dari terwujudnya pemerintahan yang bersih dan bebas KKN serta terwujudnya peningkatan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat.
Pada akhir acara Bapak Kepala BBPK Ciloto mengajak kepada semua pihak untuk memberikan dukungan dan sinergi dalam melaksanakan tugas untuk mewujudkan Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM.

<< kembali ke indeks berita



Berita Lainnya:


PELATIHAN PELAYANAN PRIMA BERBASIS SOFT SKILLS BAGI SDM KESEHATAN
Kamis, 18 April 2024 - 09:20 WIB
GAMBARAN PERLUNYA PENGAWASAN MAKANAN JAJANAN ANAK SEKOLAH SD DI INDONESIA
Selasa, 02 April 2024 - 08:47 WIB
PELATIHAN EPIDEMIOLOGI LAPANGAN LEVEL INTERMEDIATE BAGI PETUGAS EPIDEMIOLOG DI DINAS KESEHATAN
Senin, 18 Maret 2024 - 17:33 WIB
PERSEPSI DOKTER GIGI TERHADAP PELATIHAN PENATALAKSANAAN KEGAWATDARURATAN BIDANG KEDOKTERAN GIGI KERJASAMA PDGI DENGAN BBPK CILOTO
Jumat, 16 Februari 2024 - 09:19 WIB
PENANDATANGANAN PERJANJIAN KINERJA DI LINGKUNGAN DIREKTORAT JENDERAL TENAGA KESEHATAN TAHUN 2024
Kamis, 15 Februari 2024 - 17:00 WIB
PELATIHAN KONSELING MENYUSUI DAN PELATIHAN SURVEILANS DAN PENGENDALIAN VEKTOR DAN BINATANG PEMBAWA PENYAKIT BAGI TENAGA ENTOMOLOG KESEHATAN DI PUSKESMAS
Senin, 12 Februari 2024 - 09:42 WIB