TUTUP MENU PORTAL
Pendaftaran Pelatihan


Ciloto Learning
Center


Pelaporan Diklat


Pengaduan
Masyrakat


Akreditasi Ciloto


Elogbook


Penataan Arsip
WBK


LAKIP


Whistle Blowing
System

M
E
N
U

P
O
R
T
A
L

Detail Info Terkini

Isi Informasi Tentang Kegiatan/Berita Di BBPK Ciloto

Dasyatnya Sedekah Untuk Anak Yatim (Hikmah Perjalanan Learning Organization Kelompok Cemara)

Dipublikasi Pada: Senin, 29 November 2021 - 13:43 WIB


Oleh : drg. R. Rieka Siti Kadaria, M. Kes - Widyaiswara Madya BBPK Ciloto

Jangan pernah sekalipun kita menganggap remeh terhadap kebaikan yang sedikit. Sebab, amal baik yang sedikit itu lebih baik daripada tidak beramal baik sama sekali. Amal yang diperbuat seseorang merupakan bentuk kepasrahan diri kepada Allah. Manusia tidak boleh meminta imbalan dari hasil amalnya . Dan ia tidak boleh mengharapkan imbalan. Orang yang masih mengharapkan balasan dalam beramal, ia belum mencapai derajat ikhlas orang orang yang arif (waliyullah).
Ketika kami kelompok belajar Cemara memutuskan untuk mengunjungi sebuah Pesantren di daerah Sukabumi, hakekatnya adalah skenario dari Allah SWT yang harus kami syukuri. Mengapa demikian, karena di Pesantren tersebut banyak sekali pembelajaran yang bisa kami petik. Kami betul betul bisa membuktikan bahwa ayat ayat Allah dalam Al Qur’an terbukti di sana. Kami berangkat pada hari Selasa 19 Oktober 2021 menuju Pesantren Yatim Yayasan Cinta Dakwah Indonesia di  Jl. Pasir Gede, Kertaangsana, Nyalindung, Sukabumi Regency, Jawa Barat 43196
Sebuah kejutan menemukan Pesantren yang sangat inspiratif, Pesantren yang mandiri, kreatif, dan inovatif. yang mempunyai visi dan misi sebagai berikut :
Visi :
“Pesantren Modern yang tetap memegang Manhaj Salaf, yang menyelenggarakan Pendidikan Islam untuk mencetak Generasi Mandiri yang Cinta Qur’an dan Siap Memimpin”
Misi :
1.   Menjadi rumah terbaik bagi anak-anak Yatim
2.   Menjadi wasilah yang mengantarkan para santri meraih cita-citanya
3.   Mencetak anak-anak yang sholeh, cerdas, terampil dan mandiri
Untuk mewujudkan visi tersebut, Pesantren Mabda Islam menetapkan langkah-langkah strategis sebagai berikut:
1.   Menyelenggarakan Pendidikan Islam dengan metode dan sarana yang sesuai dengan perkembangan zaman.
2.   Membina Ilmu keagamaan : aqidah, akhlaq, bahasa Arab, siroh Nabawiyah, dan ilmu syari’ah lainnya dengan cara membangun pemahamannya tentang kehidupan, sehingga menjadi landasan sikap dan prilaku sehari-hari, bukan sekedar mentransfer ilmu.
3.   Mengajarkan ilmu-ilmu sains yang diperlukan dalam kehidupan.
4.    Membekali ilmu kemandirian, berupa keterampilan dan keahlian agar siap terjun dalam kancah kehidupan bermasyarakat secara mandiri
Pesantren ini dikelola oleh anak muda yang bernama Sandi Nopiandi umur  31 tahun beserta keluarga besar dan kerabatnya. Modalnya dari nol rupiah dan nol km tetapi dengan sebuah keyakinan pada pertolongan Allah, bisa berkembang pesat. Dalam kurun waktu 4 tahun sudah mempunyai lahan 22 hektar yang dikelola sebagai tempat wisata rohani. Kami menginap di cottage yang dibangun khusus untuk para orang tua santri yang datang, tetapi bisa disewakan juga bagi para pengunjung termasuk kami menyewa semalam beberapa cottage.
Banyak area area wisata yang bisa dikunjungi, antara lain : area Memanah, area Berkuda, Agro Park, area Pertanian, area Perikanan, area Perkebunan, dan area Peternakan. Malam harinya kami diajak ke Warung Sate dan Café Kopi kepunyaan mereka yang baru dibangun 3 bulan yang lalu. Kami bermuhasabah sambil mencicipi sate kambing serta kopi panas sehingga menambah kenikmatan perjalanan kami. Esoknya kami diajak menunggang kuda bergantian. Berkuda adalah Jenis Olahraga yang disunahkan, bukan hanya melatih keterampilan dalam mengendarai kuda, juga harus mengetahui bagaimana agar kuda itu, bisa dikendalikan dan diarahkan sesuai yang kita inginkan, ternyata mengasyikkan. Pesantren ini juga sedang membangun masjid yang besar dan bagus berkapasitas 1500 jamaah yang telah diresmikan oleh Bupati Sukabumi Drs H.Marwan Hamami pada tanggal 9 Oktober 2019. Semua ini dibangun sebagai upaya bahwa Pesantren tidak selamanya bergantung pada donasi yang diberikan oleh para donatur yang mukhlis.
Pesantren Yatim adalah salah satu program unggulan di Yayasan Cinta Dakwah Indonesia, yang mana Cinta Dakwah ini adalah Lembaga Sosial Kemanusiaan non Pemerintah yang bergerak di bidang sosial dan kemanusiaan dengan salah satu program unggulannya menyelenggarakan Pesantren bagi anak Yatim di seluruh Indonesia dengan target terbangun setiap kota 1 Pesantren dengan kapasitas 1000 santri setiap Pesantrennya. Di Sukabumi sebagai cikal bakal Pesantren sudah dapat menampung santri mukim sebanyak 120 orang.
Sebagaimana layaknya Lembaga Pendidikan di manapun membutuhkan biaya operasional untuk menjalankan pendidikannya, Alhamdulillah dengan idzin Allah Pesantren Yatim Indonesia banyak ditopang pembiayaannya oleh para donator yang sholeh yang menginfakan hartanya di jalan Allah melalui Pesantren Yatim Indonesia sehingga biaya Pendidikan di Pesantren Yatim Indonesia ini bisa diberikan kepada seluruh anak Yatim secara beasiswa full 100% gratis biaya Pendidikan. Para donator berkontribusi dengan memberikan donasinya berupa sedekah 10.000/bulan untuk membiayai Pesantren Yatim Indonesia sehingga para anak Yatim mempunyai masa depan yang InsyaAllah cerah dan lebih baik.
Dari cerita Kang Udas sebagai staf bagian humas, Pesantren ini semua berawal dari keinginan dan semangat untuk berbagi inspirasi tentang Islam, anak muda dan juga tentang cinta, maka dibuatlah sebuah akun di sosial media Instagram diberi nama akun @tausiyahcinta_. Dalam perjalanannya, semangat tersebut tidak terbendung, sehingga dibentuk menjadi Majelis Tausiyah Cinta. Dan aktivitasnya tidak dibatasi hanya di dunia maya, melainkan diperluas menjadi kegiatan off air, atau di dunia nyata.
Alhamdulillah, atas ijin Allah SWT pada perkembangannya akhir tahun 2016 terbentuklah lembaga resmi dengan mendirikan Yayasan Cinta Dakwah Islam dengan foundernya Sandi Nopiandi, atau yang akrab disapa @KakMasta, beserta teman-teman dan keluarga besarnya. Yayasan Cinta Dakwah Indonesia (CDI) berdiri tanggal 31 Agustus 2016.
 
Itulah profil anak muda yang patut diteladani, karena beliau yakin dengan ayat Allah  :
Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridaan) Kami, Kami akan tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. Dan sungguh, Allah beserta orang-orang yang berbuat baik.(QS. Al-'Ankabut Ayat 69)
 
 
Referensi :
https://cintadakwah.or.id/profile/
https://Pesantrenyatim.com/

<< kembali ke indeks berita



Berita Lainnya:


Peresmian Digital Smart Office BBPK Ciloto
Kamis, 31 Maret 2022 - 13:00 WIB
Pelatihan Kepemimpinan Pengawas Tahun 2022
Senin, 14 Maret 2022 - 16:00 WIB
Pelatihan Tenaga Pelatih Kesehatan (PERDALIN)
Senin, 14 Maret 2022 - 15:00 WIB
Workshop Pembekalan bagi Pengampu Agenda PKP
Selasa, 08 Maret 2022 - 14:00 WIB
Pelatihan Tematik Pengadaan Barang/Jasa Unit Kompetensi 5,6,7
Senin, 07 Maret 2022 - 14:00 WIB
Pelatihan Public Speaking Bagi SDM Kesehatan Gelombang I
Senin, 21 Februari 2022 - 15:00 WIB