Detail Info Terkini

Isi Informasi Tentang Kegiatan/Berita Di BBPK Ciloto

Pelatihan Jabfung Entomolog Jenjang Ahli Ahli dan Jabfung Terapis Gigi dan Mulut

Dipublikasi Pada: Senin, 07 Februari 2022 - 13:00 WIB


     Tepat jam 09.00 WIB tanggal 7 Februari 2022, dikampus utama BBPK Ciloto dilaksanakan Pembukaan Pelatihan Jabfung Entomolog Jenjang Ahli Ahli dan Jabfung Terapis Gigi dan Mulut secara daring/ online.
Kepala Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK) Ciloto membuka secara resmi pelatihan ini, dihadiri pula oleh beberapa tamu undangan yang terhormat, diantaranya ialah ; Direktur P2PTVZ, Ketua Perkumpulan Entomolog Kesehatan Indonesia (PEKI), Ketua PTGMI (Persatuan Terapis Gigi dan Mulut Indonesia), Ketua DPD PTGMI (Persatuan Terapis Gigi dan Mulut Indonesia) Provinsi Sulawesi Selatan, para Tim Fasilitator dan Pengendali Diklat.
Tujuan diselenggarakannya kedua pelatihan ini diantaranya adalah
1. Jabfung entomolog jenjang ahli: Setelah selesai mengikuti pelatihan, peserta mampu melaksanakan tugas tugas pokok dan fungsinya sebagai pejabat fungsional entomolog kesehatan 
2. Jabfung Terapis gigi dan Mulut  peserta mampu melakukan kegiatan bidang Terapis Gigi dan Mulut (TGM) sesuai Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi Nomor 37 Tahun 2019 Tentang Jabfung Terapis Gigi dan Mulut.
     Pelaksanaan Pelatihan Jabfung Entomolog Kesehatan menggunakan metode ”Blendid Learning” yaitu perpaduan secata Learning dan Kalsikal, secara Daring dilaksanakan dari tanggal, 07 s.d 18 Februari 2022 (10 hari efektif) dan secara Klasikal dari tanggal, 21 s.d 26 Februari 2022 di Balai Besar Pelatihan Kesehatan Ciloto dengan jumlah jam pelatihan sebanyak 89 (delapan puluh sembilan) JPL dengan jumlah peserta sebanyak 30 orang (1 Angkatan). Sedangkan untuk  pelatihan Jabfung TGM dilaksanakan dengan Metode      Distance Learning/Full Online pada tanggal 07 s.d 15 Februari 2022, selama 7 (Tujuh) hari efektif dengan jumlah jam pelatihan sebanyak 53 (lima puluh tiga) JPL dengan peserta berjumlah 60 orang (2 Angkatan).
Dalam pelaksanaan kedua pelatihan ini memiliki memiliki kesamaan kriteria untuk para pelatihnya. Diantaranya ialah para pelatih/fasilitator memiliki kemampuan kediklatan yang telah mengikuti pelatihan widyaiswara dasar atau AKTA/ Training of Trainer, pendidikan pelatih/fasilitator minimal setara dengan tambahan keahlian di bidang yang diajarkan dan  berpendidikan  min.S1, juga para p elatih/fasilitator menguasai materi yang diajarkan sesuai dengan GBPP yang ditetapkan dalam kurikulum atau mempunyai pengalaman dan pengetahuan 
     Sedangkan untuk pembiayaannya kedua pelatihan ini memiliki perbedaan yang signifikan. Untuk pelatihan Jabfung Entomolog Jenjang Ahli pembiayaan pelatihan ini bersifat cost sharing, biaya penyelenggaran termasuk uang harian diklat dibebankan pada DIPA BBPK Ciloto Tahun 2022, sedangkan biaya perjalanan dinas peserta (transport dan uang harian) dibebankan kepada Instansi pengirim. Dan untuk pelatihan Jabfung Terpis Gigi dan Mulut biaya pelatihan bersumber dari PNBP/di bebankan kepada instansi pengirim peserta.


<< kembali ke indeks berita



Berita Lainnya:


PELATIHAN PENUGASAN KHUSUS TENAGA KESEHATAN BERBASIS TIM BATCH XXVII
Jumat, 19 April 2024 - 11:00 WIB
PELATIHAN PELAYANAN PRIMA BERBASIS SOFT SKILLS BAGI SDM KESEHATAN
Kamis, 18 April 2024 - 09:20 WIB
GAMBARAN PERLUNYA PENGAWASAN MAKANAN JAJANAN ANAK SEKOLAH SD DI INDONESIA
Selasa, 02 April 2024 - 08:47 WIB
PELATIHAN EPIDEMIOLOGI LAPANGAN LEVEL INTERMEDIATE BAGI PETUGAS EPIDEMIOLOG DI DINAS KESEHATAN
Senin, 18 Maret 2024 - 17:33 WIB
PERSEPSI DOKTER GIGI TERHADAP PELATIHAN PENATALAKSANAAN KEGAWATDARURATAN BIDANG KEDOKTERAN GIGI KERJASAMA PDGI DENGAN BBPK CILOTO
Jumat, 16 Februari 2024 - 09:19 WIB
PENANDATANGANAN PERJANJIAN KINERJA DI LINGKUNGAN DIREKTORAT JENDERAL TENAGA KESEHATAN TAHUN 2024
Kamis, 15 Februari 2024 - 17:00 WIB