Detail Info Terkini

Isi Informasi Tentang Kegiatan/Berita Di BBPK Ciloto

Pelatihan ToT Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) Gelombang II Tahun 2022

Dipublikasi Pada: Selasa, 23 Agustus 2022 - 10:52 WIB


Dalam upaya pencegahan dan pengendalian infeksi di fasilitas pelayanan kesehatan sangat penting bila terlebih dahulu petugas dan pengambil kebijakan memahami konsep dasar penyakit infeksi. Pemahaman PPI baik konsep prosedur maupun mekanismenya dapat dilakukan dengan peningkatan kompetensi SDM fasilitas pelayanan Kesehatan melalui pelatihan. Pelatihan yang berkaitan dengan PPI baik untuk tenaga medis maupun untuk perawat dan tenaga Kesehatan lainnya diadakan Kementerian Kesehatan, pemerintah daerah, organisasi profesi atau organisasi lainnya sesuai ketentuan perundang-undangan.
 
Dalam hal ini, Balai Besar Pelatihan Kesehatan Ciloto kembali menggelar Pelatihan ToT Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) gelombang II yang dibuka secara resmi oleh Kepala BBPK Ciloto secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting (23/8).
 
Pelatihan ini dilaksanakan secara Blended Lerning terhitung mulai tanggal 22 s.d. 26 Agustus 2022 dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting dan 29 Agustus s.d. 2 September dilaksanakan tatap muka di BBPK Ciloto.
 
Peserta pada pelatihan ini terdiri dari 90 orang yang terbagi dalam 3 kelas pembelajaran namun sampai saat ini baru 84 orang yang mendaftar. Adapun kriteria dari pelatihan ini adalah sebagai berikut :
1. Dokter/ Dokter Gigi/ Perawat S1/ Bidan S1/ Apoteker yang telah mengikuti Pelatihan PPI Dasar atau Workshop terkait PPI;
2. Mendapatkan penugasan dari pimpinan yang berwenang untuk mengikuti pelatihan; dan
3. Bersedia mengikuti pelatihan sesuai ketentuan yang ditetapkan.
4. Khusus untuk Widyaiswara BBPK/Bapelkes mempunyai pengalaman memfasilitasi pelatihan PPI dan pernah bekerja di Fasyankes.
 
Setelah mengikuti pelatihan ini, diharapkan peserta mampu Menerapkan Program Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) di FKTP, Menyusun Perencanaan Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) di FKTP dan Menerapkan Teknik Melatih pada pelatihan Pencegahan dan Pengendalian Infeksi di Fasilitas Pelayanan Kesehatan Pertama (FKTP).

<< kembali ke indeks berita



Berita Lainnya:


PELATIHAN EPIDEMIOLOGI LAPANGAN LEVEL INTERMEDIATE BAGI PETUGAS EPIDEMIOLOG DI DINAS KESEHATAN
Senin, 18 Maret 2024 - 17:33 WIB
PERSEPSI DOKTER GIGI TERHADAP PELATIHAN PENATALAKSANAAN KEGAWATDARURATAN BIDANG KEDOKTERAN GIGI KERJASAMA PDGI DENGAN BBPK CILOTO
Jumat, 16 Februari 2024 - 09:19 WIB
PELATIHAN KONSELING MENYUSUI DAN PELATIHAN SURVEILANS DAN PENGENDALIAN VEKTOR DAN BINATANG PEMBAWA PENYAKIT BAGI TENAGA ENTOMOLOG KESEHATAN DI PUSKESMAS
Senin, 12 Februari 2024 - 09:42 WIB
PEMBUKAAN PELATIHAN PENGEMBANGAN MEDIA PRESENTASI BAGI SDM KESEHATAN GELOMBANG 1
Senin, 29 Januari 2024 - 14:22 WIB
SCOOPING IMMERSION
Rabu, 17 Januari 2024 - 12:00 WIB
NILAI INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT (IKM) TRIWULAN 4 TAHUN 2023
Rabu, 03 Januari 2024 - 16:00 WIB