Detail Info Terkini

Isi Informasi Tentang Kegiatan/Berita Di BBPK Ciloto

Sehat Produktif di Masa Pensiun

Dipublikasi Pada: Jumat, 16 Desember 2022 - 08:00 WIB


Oleh : Linna Zainur Rokhmaniah, SKp, MKM

    Ketika memasuki masa pensiun, sebagian orang memanfaatkan waktu tersebut untuk bersantai dan berkumpul dengan keluarga. Namun, ada juga sebagian yang lebih memilih untuk tetap produktif. Memilih untuk tetap produktif setelah pensiun merupakan hal yang cukup umum untuk dilakukan. Masalah finansial, perasaan untuk ingin terus produktif, atau merasa kesepian kerap menjadi dasar mengapa orang-orang yang telah memasuki masa pensiun berniat untuk kembali bekerja. 
Merintis usaha setelah pensiun memiliki banyak manfaat. Anda dapat menjaga diri Anda agar tetap produktif, tetap mendapat pemasukan, serta berperan dalam mengurangi angka pengangguran dengan menciptakan lapangan kerja. 
Tidak bisa disangkal, masih banyak masyarakat yang berpikir bahwa pensiun merupakan saat yang tepat untuk beristirahat dan menikmati hidup. Hal ini memang benar adanya, sebab Anda memiliki banyak waktu luang untuk melakukan hal-hal yang Anda sukai. Namun demikian, menyambut waktu pensiun tanpa melakukan persiapan bisa membuat Anda kehilangan arah. Oleh sebab itu, disarankan bagi Anda untuk mengisinya dengan kegiatan yang positif dan juga produktif.
  Agar masa pensiun bahagia, ada sejumlah kegiatan setelah pensiun yang dapat dilakukan oleh para lansia, yaitu sebagai berikut:
1. Olah raga rutin : Berolahraga sangat bemanfaat untuk menutupi kekurangan aktivitas fisik yang sebelumnya dilakukan saat bekerja. Tidak hanya untuk menjaga kesehatan fisik, olah raga juga bermanfaat untuk menjaga Kesehatan mental
2. Berkumpul Bersama sahabat dan keluarga
Menikmati masa pensiun juga dapat dilakukan dengan cara kembali mempererat hubungan bersama sahabat dan keluarga. Anda bisa menjadwalkan sesi berkumpul bersama teman lamanya ataupun bermain bersama cucu-cucu dan anggota keluarga lainnya di rumah.
3. Bersosialisasi dengan orang- orang baru
Selain berkumpul bersama sahabat dan keluarga, tidak ada salahnya menggunakan waktu luang di masa-masa pensiun untuk berkenalan dengan orang baru. Lansia bisa mengikuti suatu komunitas tertentu dengan hobi atau ketertarikan yang sama ataupun mengikuti kegiatan sosialisasi tertentu
4. Menjadi sukarelawan
sukarelawan tidak hanya untuk mengisi waktu luang, tetapi juga untuk menambah teman serta menjaga agar lansia sehat dan tetap produktif, Menjadi sukarelawan tidak harus mengikuti kegiatan yang menguras fisik, Anda bisa menjadi sukarelawan dalam memasak untuk orang-orang di pinggir jalan sampai menjadi tenaga pengajar sukarela
5. Mencari pekerjaan sampingan
Bekerja paruh waktu ataupun bekerja di rumah seperti menjadi penulis, pengajar anak- anak merupakan salah satu cara agar tetap produktif diusia pensiun
 
Selain produktif pada usia pensiun tentunya lansia harus menjaga Kesehatan, Upaya yang harus dilakukan agar tetap sehat adalah dengan memperlambat proses degeneratif. Untuk itu, pensiunan yang pada umumnya masuk kelompok lansia, harus memperhatikan hal-hal berikut ini.
1. Menghindari pola hidup yang tidak sehat.
Pola hidup yang tidak sehat dapat menyebabkan penyakit gaya hidup. Penyakit gaya hidup itu antara lain disebabkan oleh diet tidak sehat, ketidakaktifan fisik, merokok dan stress. Jenis penyakitnya antara lain hipertensi, diabetes mellitus, obesitas, osteoporosis, dan asma.
2. Memenuhi kebutuhan gizi secara seimbang.
Kebutuhan gizi pada lansia dipengaruhi oleh faktor umur, jenis kelamin, kegiatan fisik, pekerjaan, iklim (suhu) dan kondisi fisik (sedang sakit/baru sembuh). Masalah gizi pada lansia merupakan rangkaian proses masalah gizi sejak usia muda yang manifestasinya timbul setelah tua. Masalah gizi pada lansia, umumnya adalah gizi kurang (kurus) dan gizi lebih (kegemukan/obesitas).
3. Tetap melakukan aktifitas fisik dan olahraga.
Aktifitas fisik adalah setiap gerakan tubuh yang meningkatkan pengeluaran tenaga dan energi. Olahraga adalah suatu bentuk aktifitas fisik dari otot tubuh yang bila dilaksanakan dengan baik, benar, terukur, dan teratur akan meningkatkan kebugaran jasmani. Kebugaran jasmani adalah kemampuan tubuh untuk melakukan pekerjaan sehari-hari tanpa menimbulkan kelelahan yang berarti.
4. Tidur cukup.
Tidur merupakan kebutuhan yang paling mendasar. Tiga hari tidak tidur, dapat menimbulkan perilaku psikotik (perilaku gangguan jiwa). Lamanya waktu tidur yang dibutuhkan oleh lansia adalah antara 4-6 jam/hari dengan memperhatikan kualitas tidurnya.
5. Pemeriksaan kesehatan secara berkala.
Manfaat pemeriksaan kesehatan adalah untuk mengetahui kondisi kesehatan diri sendiri, mendeteksi kelainan secara dini, mengobati sesegera mungkin, memperoleh informasi tentang apa yang harus dilakukan, apa yang tidak boleh dilakukan serta bagaimana melakukannya.  
Sekian tulisan tentang "tetap hidup sehat menjalani masa pensiun". Semoga bermanfaat bagi anda para pembaca agar tetap aktif, sehat, dan dapat menikmati kebahagiaan.
 
 
 
Referensi 
1.https://www.kompasiana.com/alfonsliwun/6112347d6e7f01399d669d62/tetap-produktif-apapun-selama-masa-pensiun-yang-penting-sehat
2.https://www.generali.co.id/id/healthyliving/detail/918/ini-hal-yang-bisa-dilakukan-agar-tetap-bugar-di-masa-pensiun
 


<< kembali ke indeks berita



Berita Lainnya:


PELATIHAN PENUGASAN KHUSUS TENAGA KESEHATAN BERBASIS TIM BATCH XXVII
Jumat, 19 April 2024 - 11:00 WIB
PELATIHAN PELAYANAN PRIMA BERBASIS SOFT SKILLS BAGI SDM KESEHATAN
Kamis, 18 April 2024 - 09:20 WIB
GAMBARAN PERLUNYA PENGAWASAN MAKANAN JAJANAN ANAK SEKOLAH SD DI INDONESIA
Selasa, 02 April 2024 - 08:47 WIB
PELATIHAN EPIDEMIOLOGI LAPANGAN LEVEL INTERMEDIATE BAGI PETUGAS EPIDEMIOLOG DI DINAS KESEHATAN
Senin, 18 Maret 2024 - 17:33 WIB
PERSEPSI DOKTER GIGI TERHADAP PELATIHAN PENATALAKSANAAN KEGAWATDARURATAN BIDANG KEDOKTERAN GIGI KERJASAMA PDGI DENGAN BBPK CILOTO
Jumat, 16 Februari 2024 - 09:19 WIB
PENANDATANGANAN PERJANJIAN KINERJA DI LINGKUNGAN DIREKTORAT JENDERAL TENAGA KESEHATAN TAHUN 2024
Kamis, 15 Februari 2024 - 17:00 WIB