Detail Info Terkini

Isi Informasi Tentang Kegiatan/Berita Di BBPK Ciloto

PELATIHAN PALIATIF KANKER BAGI TENAGA KESEHATAN GELOMBANG I

Dipublikasi Pada: Senin, 05 Juni 2023 - 10:39 WIB


Kementerian Kesehatan telah mencanangkan  transformasi sistem kesehatan yang diharapkan mampu meningkatkan layanan kesehatan yang nantinya dapat berimplikasi pada peningkatan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya. Transformasi kesehatan yang sedang dilakukan sejak tahun 2021 hingga 2024, dengan berfokus pada 6 bidang di antaranya transformasi layanan primer, transformasi layanan rujukan, transformasi sistem ketahanan kesehatan, transformasi sistem pembiayaan kesehatan, transformasi SDM kesehatan dan transformasi teknologi kesehatan.
 
Berkaitan dengan transformasi SDM Kesehatan dengan memastikan distribusi tenaga kesehatan merata di seluruh pelosok Tanah Air termasuk di kawasan DTPK, dan  upaya peningkatan SDM Kesehatan yang berkualitas sangatlah diperlukan untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan Kesehatan, termasuk layanan kesehatan bagi pasien kanker.
 
Hampir 70% penyakit kanker ditemukan pada stadium lanjut, sehingga angka kesembuhan dan angka harapan hidup pasien kanker belum seperti yang diharapkan meskipun tata laksana kanker telah berkembang dengan pesat. Pasien kanker tidak hanya mengalami berbagai masalah fisik seperti nyeri, sesak nafas, penurunan berat badan, gangguan aktivitas namun juga mengalami gangguan psikososial dan spiritual.
 
Bertempat di Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK) Ciloto, telah dibuka secara daring melalui aplikasi zoom meeting pelatihan Paliatif Kanker bagi Tenaga Kesehatan Gelombang I yang dibuka secara resmi oleh Kepala Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK) Ciloto, Sjamsul Ariffin, SKM.,M.Epid (5/6).
 
Pelatihan ini diikuti oleh 60 orang peserta yang berprofesi Dokter Umum dan perawat dari 12 Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Barat dengan melibatkan Rumah Sakit Umum Daerah jejaring kanker dan Puskesmas di wilayah Rumah Sakit tersebut.  Para peserta akan mengikuti pelatihan selama 9 hari efektif dengan metode Blended Learning  terhitung mulai tanggal 05 s.d. 15 juni 2023 dengan rincian sebagai berikut :
Seluruh peserta akan mengikuti sesi materi, diskusi, penugasan dan kuis melalui CLC tersebut. Adapun biaya pelatihan ini dibebankan kepada DIPA Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK) Ciloto tahun 2023.
 
Setelah mengikuti pelatihan ini, diharapkan peserta mampu melakukan pelayanan paliatif kanker sesuai tugas pokok dan fungsinya. Serta mampu :


<< kembali ke indeks berita



Berita Lainnya:


PELATIHAN PENUGASAN KHUSUS TENAGA KESEHATAN BERBASIS TIM BATCH XXVII
Jumat, 19 April 2024 - 11:00 WIB
PELATIHAN PELAYANAN PRIMA BERBASIS SOFT SKILLS BAGI SDM KESEHATAN
Kamis, 18 April 2024 - 09:20 WIB
GAMBARAN PERLUNYA PENGAWASAN MAKANAN JAJANAN ANAK SEKOLAH SD DI INDONESIA
Selasa, 02 April 2024 - 08:47 WIB
PELATIHAN EPIDEMIOLOGI LAPANGAN LEVEL INTERMEDIATE BAGI PETUGAS EPIDEMIOLOG DI DINAS KESEHATAN
Senin, 18 Maret 2024 - 17:33 WIB
PERSEPSI DOKTER GIGI TERHADAP PELATIHAN PENATALAKSANAAN KEGAWATDARURATAN BIDANG KEDOKTERAN GIGI KERJASAMA PDGI DENGAN BBPK CILOTO
Jumat, 16 Februari 2024 - 09:19 WIB
PENANDATANGANAN PERJANJIAN KINERJA DI LINGKUNGAN DIREKTORAT JENDERAL TENAGA KESEHATAN TAHUN 2024
Kamis, 15 Februari 2024 - 17:00 WIB