Detail Info Terkini

Isi Informasi Tentang Kegiatan/Berita Di BBPK Ciloto

PEMBUKAAN PELATIHAN SKDR GELOMBANG 9

Dipublikasi Pada: Senin, 28 Agustus 2023 - 15:11 WIB


Waktu menunjukan pukul 09.00 WIB, ditengah cuaca yang agak mendung karena setelah dalam kurun waktu yang cukup lama kampus utama BBPK Ciloto tidak di guyur hujan. Dilaksanakan nya kegiatan Pembukaan Pelatihan Sistem Kewaspadaan Dini dan Respon (SKDR) Gelombang 9, acara ini dibuka langsung secara resmi oleh Kepala BBPK Ciloto (Sjamsul Ariffin, SKM, M.Epid) dan diawali dengan penyampaian laporan penyelenggaraan oleh Ketua Tim Kerja Pelatihan Tekhnis Program Kesehatan (Sumarti, SKM, M.A.P)
Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Kejadian Luar Biasa (KLB) masih menjadi masalah kesehatan masyarakat karena kejadian ini dapat menyebabkan kesakitan dan kematian yang tinggi. KLB juga memiliki dampak pada berbagai aspek, yaitu : aspek ekonomi, aspek sosial, aspek psikologis dan serta dampak nya dapat menyebarluas hingga lintas Kabupaten/ Kota, provinsi, bahkan Internasional.
 
Saat ini Indonesia masih memiliki  beberapa penyakit potensial KLB, seperti Malaria, Demam Dengue, Leptospirosis, Diare, Kolera Difteri, Antraks, Rabies, Campak, Pertusis maupun ancaman penyakit-penyakit New Emerging dan re-emerging. Penyakit-penyakit tersebut jika tidak dipantau dan dikendalikan akan mengancam Kesehatan masyarakat Indonesia dan menyebabkan KLB yang lebih besar. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia telah melakukan berbagai Upaya dalam mengendalikan masalah Kesehatan masyarakat, salah satunya dengan meningkatkan sistem kewaspadaan dini penyakit potensial KLB dan bekerjasama dengan World  Health Organization (WHO) dan Central of Disease Control (CDC) membangun  sistem yang digunakan untuk deteksi dini dan respon terhadap penyakit potensial  KLB. Sistem ini dikenal dengan Early Warning Alert and Response System  (EWARS) atau Sistem Kewaspadaan Dini dan Respons (SKDR) yang sudah diimplementasikan di Indonesia sejak tahun 2009.
 
Tujuan diselenggarakannya pelatihan ini sangat mengharapkan bahwa parapeserta nantinya mampu melaksanakan kewaspadaan dini danrespon terhadap penyakit menular yang berpotensi KLB/ wabah menggunakan aplikasi Sistem Kewaspadaan Dini dan Respon (SKDR) di Dinas Kesehatan Kabupaten/ Kota sesuai dengan pedoman SKDR yang berlaku, Dimanaprinsip utama SKDR adalah pendeteksian ancaman indikasi KLB penyakit menular yang dilaporkan setiap  minggu, yang akan menampilkan alert atau sinyal peringatan dini jika terjadi  peningkatan kasus penyakit melebihi nilai ambang batas pada suatu wilayah. Selain data mingguan di dalam sistem SKDR terdapat Surveilan berbasis Kejadian atau yang disebut Event Based Surveillance (EBS). EBS merupakan laporan kejadian Kesehatan masyarakat yang dilaporkan segera dalam 24 jam yang berpotensi menimbulkan kedaruratan kesehatan masyarakat dengan menggunakan sumber data dari media, masyarakat dan tenaga Kesehatan.
 
Atas dasar semua itulah maka menjadi prioritas dan sangat diperlukan peningkatan kapasitas petugas Surveilan di Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dalam penggunaan aplikasi SKDR dalam upaya melakukan respon pencegahan dan penanggulangan KLB dan wabah di wilayah sekitarnya
 
Balai Besar Pelatihan Kesehatan Ciloto pada tahun 2023 ini memiliki target peserta  sebanyak 540 orang yang dimana pada gelombang 9 ini merupakan penyelenggarakan pelatihan yang terakhir, kali ini jumlah peserta sebanyak 64 orang dengan tambahan 2 orang dari kabupaten Nias Selatan dan 2 Orang dari Kabupaten Labuhanbatu Selatan, dari jumlah peserta sebelumnya 60 Orang. Para peserta akan mengikuti pembelajaran sebanyak 30JPL yang dilaksanakan selama 4  hari efektif dan dilakukan secara daring melaluiaplikasi  zoom meeting dan Ciloto Learning Center. BBPK Ciloto selaku penyelenggara pelatihan ini sangat mengharapkansemua peserta pelatihan dapat mengikutinya secara serius dan tuntas karena tidak ada lagi kesempatan untuk mengikuti pelatihan yang sama. dan setelah selesai mengikuti pelatihan ini, besar harapan para peserta semuanya dapat berperan sebagai petugas surveilans yang berkualitas dan memiliki semangat yang tinggi dalam mengikuti perkembangan keilmuan dibidang Kesehatan, khususnya dalam penggunaan aplikasi SKDR di Dinas Kesehatan Kabupaten/ Kota.

<< kembali ke indeks berita



Berita Lainnya:


PELATIHAN KEPEMIMPINAN PENGAWAS (PKP) TAHUN 2024
Senin, 15 Juli 2024 - 15:04 WIB
PELATIHAN DASAR CPNS GOLONGAN III KEMENTERIAN KESEHATAN BALAI BESAR PELATIHAN KESEHATAN CILOTO DAN BALAI PELATIHAN KESEHATAN CIKARANG TAHUN 2024
Selasa, 09 Juli 2024 - 08:26 WIB
HASIL PELAKSANAAN SURVEI INDEKS PERSEPSI ANTI KORUPSI DAN INDEKS PERSEPSI KUALITAS PELAYANAN (BULAN JUNI 2024)
Kamis, 04 Juli 2024 - 14:44 WIB
PELATIHAN PELAYANAN KEFARMASIAN BAGI TENAGA KEFARMASIAN DI PUSKESMAS GELOMBANG III
Selasa, 02 Juli 2024 - 10:09 WIB
PELATIHAN BAGI PELATIH PELAYANAN ASUHAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT GELOMBANG II
Senin, 01 Juli 2024 - 10:07 WIB
HASIL PELAKSANAAN SURVEI INDEKS PERSEPSI ANTI KORUPSI DAN INDEKS PERSEPSI KUALITAS PELAYANAN (BULAN MEI 2024)
Senin, 01 Juli 2024 - 08:40 WIB