Detail Info Terkini

Isi Informasi Tentang Kegiatan/Berita Di BBPK Ciloto

PEMBUKAAN PELATIHAN PENUGASAN KHUSUS TENAGA KESEHATAN INDIVIDU PERIODE IV TAHUN 2023: MENINGKATKAN PELAYANAN KESEHATAN PRIMER DI SELURUH INDONESIA

Dipublikasi Pada: Jumat, 20 Oktober 2023 - 16:11 WIB


Ciloto, 18 Oktober 2023- Kementerian Kesehatan RI membuka periode IV pelatihan Penugasan Khusus Tenaga Kesehatan Individu tahun 2023, dengan tujuan meningkatkan distribusi dan kualitas tenaga kesehatan di seluruh wilayah Indonesia. 
Pelatihan ini adalah langkah strategis untuk mengatasi masalah yang saat ini dihadapi. Salah satu permasalahan yang dihadapi adalah ketidakmerataan distribusi SDM kesehatan, terutama di puskesmas. Hingga saat ini, sekitar 3,55% puskesmas di Indonesia belum memiliki dokter, dan hanya sekitar 56,11% puskesmas yang memiliki 9 jenis tenaga kesehatan prioritas. Masalah ini sangat penting karena tenaga kesehatan yang cukup dan merata adalah kunci keberhasilan dalam memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas kepada masyarakat.
Penugasan Khusus Tenaga Kesehatan merupakan langkah strategis dalam rangka meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang berkualitas, terutama di daerah terpencil, tertinggal, perbatasan, dan kepulauan (DTPK). Pelatihan ini bertujuan untuk memperkuat puskesmas dalam menjalankan fungsi promotif dan preventif serta meningkatkan layanan kesehatan primer.
Kementerian Kesehatan RI melaporkan bahwa pelaksanaan pelatihan penugasan khusus individu periode IV di BBPK Ciloto didasari oleh Surat dari Direktur Pendayagunaan Tenaga Kesehatan Nomor : PG.01.05/F.IV/9169/2023, Tanggal 11 Oktober 2023. Pelatihan ini telah mempersiapkan 294 peserta untuk menangani penugasan khusus pada layanan kesehatan primer di puskesmas.
Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan mampu melakukan manajemen puskesmas, menjelaskan program kesehatan prioritas nasional, menjelaskan akreditasi puskesmas, dan melakukan pengelolaan promosi kesehatan. Pelatihan ini menggunakan metode blended learning sesuai dengan kurikulum yang ditetapkan oleh Direktorat Peningkatan Mutu Tenaga Kesehatan - Kemenkes RI.
Periode IV ini juga diikuti oleh 294 peserta yang akan ditempatkan di 257 puskesmas berstatus terpencil dan sangat terpencil yang tersebar di 101 kabupaten pada 15 provinsi. Jadwal pelaksanaan pelatihan mencakup periode dari 19 September hingga 04 November 2023, termasuk tahap registrasi peserta, pembelajaran daring, pembelajaran klasikal, hingga penutupan dan pelepasan.
 
Dengan langkah yang signifikan dalam memastikan bahwa akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan berkualitas di seluruh Indonesia semakin ditingkatkan. Kementerian Kesehatan RI bersama peserta pelatihan siap untuk mengatasi tantangan distribusi tenaga kesehatan di negara ini dan memberikan pelayanan kesehatan yang terintegrasi.



<< kembali ke indeks berita



Berita Lainnya:


GAMBARAN PERLUNYA PENGAWASAN MAKANAN JAJANAN ANAK SEKOLAH SD DI INDONESIA
Selasa, 02 April 2024 - 08:47 WIB
PELATIHAN EPIDEMIOLOGI LAPANGAN LEVEL INTERMEDIATE BAGI PETUGAS EPIDEMIOLOG DI DINAS KESEHATAN
Senin, 18 Maret 2024 - 17:33 WIB
PERSEPSI DOKTER GIGI TERHADAP PELATIHAN PENATALAKSANAAN KEGAWATDARURATAN BIDANG KEDOKTERAN GIGI KERJASAMA PDGI DENGAN BBPK CILOTO
Jumat, 16 Februari 2024 - 09:19 WIB
PENANDATANGANAN PERJANJIAN KINERJA DI LINGKUNGAN DIREKTORAT JENDERAL TENAGA KESEHATAN TAHUN 2024
Kamis, 15 Februari 2024 - 17:00 WIB
PELATIHAN KONSELING MENYUSUI DAN PELATIHAN SURVEILANS DAN PENGENDALIAN VEKTOR DAN BINATANG PEMBAWA PENYAKIT BAGI TENAGA ENTOMOLOG KESEHATAN DI PUSKESMAS
Senin, 12 Februari 2024 - 09:42 WIB
PEMBUKAAN PELATIHAN PENGEMBANGAN MEDIA PRESENTASI BAGI SDM KESEHATAN GELOMBANG 1
Senin, 29 Januari 2024 - 14:22 WIB