Detail Info Terkini

Isi Informasi Tentang Kegiatan/Berita Di BBPK Ciloto

PELATIHAN PEMERIKSAAN TUBERKULOSIS MENGGUNAKAN ALAT TES CEPAT MOLEKULER (TCM) MENINGKATKAN KOMPETENSI TENAGA LABORATORIUM DI FASILITAS KESEHATAN

Dipublikasi Pada: Selasa, 24 Oktober 2023 - 13:36 WIB


Ciloto, 24 Oktober 2023  - Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) telah menjadikan penanganan Tuberkulosis sebagai indikator utama dalam upaya mencapai target eliminasi penyakit ini pada tahun 2030. Untuk mencapai tujuan ini, diperlukan strategi percepatan dalam penemuan dan pengobatan, yang meliputi perluasan akses serta penyediaan layanan yang berkualitas dan standar. Dalam pengendalian Tuberkulosis, Laboratorium Tuberkulosis memegang peran kunci dengan kemampuannya dalam menentukan diagnosis dan hasil akhir pengobatan pasien Tuberkulosis.
 
Tes Cepat Molekuler (TCM) telah menjadi alat diagnosis utama untuk mengkonfirmasi kasus Tuberkulosis. Namun, penggunaan TCM memerlukan sumber daya manusia (SDM) yang terampil dan memiliki kompetensi standar agar proses penegakan diagnosis Tuberkulosis berjalan optimal. Oleh karena itu, pelatihan Pemeriksaan Tuberkulosis Menggunakan Alat Tes Cepat Molekuler (TCM) menjadi suatu keharusan.
 
BBPK Ciloto, yang merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) dari Direktorat Tenaga Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, telah mendapatkan tugas penting dalam menyelenggarakan peningkatan kompetensi petugas Laboratorium Tuberkulosis melalui pelatihan teknis penggunaan TCM dan dengan dukungan yang diberikan oleh Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit melalui BBPK Ciloto sebagai Unit Pelayanan Teknis Kemenkes dalam rangka mempersiapkan Tenaga Kesehatan terlatih yang akan memberikan pelayanan di fasilitas Kesehatan, terutama dalam konteks layanan laboratorium yang menggunakan alat TCM.
 
Tujuan Utama Pelatihan:
Pelatihan ini bertujuan agar para peserta mampu melakukan pemeriksaan Tuberkulosis (TBC) menggunakan alat TCM di fasilitas kesehatan dengan kompetensi sebagai berikut:
 
1. Memahami teknologi dan instalasi alat TCM.
2. Menjelaskan alur pemeriksaan untuk diagnosis Tuberkulosis.
3. Melakukan keamanan dan keselamatan kerja di laboratorium Tuberkulosis.
4. Menangani spesimen sebelum analisis (Pre Analisis).
5. Melakukan pemeriksaan TCM sesuai prosedur (Analisis).
6. Menginterpretasikan hasil pemeriksaan TCM (Post Analisis).
7. Melakukan pemeliharaan, pemecahan masalah, dan kalibrasi alat TCM.
8. Melakukan pencatatan dan pelaporan hasil pemeriksaan laboratorium Tuberkulosis.
9. Melakukan manajemen logistik laboratorium Tuberkulosis.
 
Pelaksanaan Pelatihan :
Peserta pelatihan TCM akan mengikuti pembelajaran selama 46 jam pelajaran (JPL) yang dilaksanakan selama 7 hari efektif, yaitu mulai dari tanggal 24 Oktober hingga 3 November 2023. Pelatihan ini akan menggunakan metode Blended Learning, yang mencakup pembelajaran daring pada tanggal 24-27 Oktober 2023 dan pembelajaran klasikal pada tanggal 30 Oktober hingga 3 November 2023.
 
Pelatihan Pemeriksaan Tuberkulosis Menggunakan Alat Tes Cepat Molekuler (TCM) ini adalah bagian dari komitmen Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) untuk meningkatkan akses, mutu, dan standar layanan kesehatan dalam upaya memerangi penyakit Tuberkulosis. Dengan peningkatan kompetensi ini, diharapkan dapat lebih banyak kasus Tuberkulosis terdeteksi secara dini dan pasien mendapatkan perawatan yang optimal.

<< kembali ke indeks berita



Berita Lainnya:


GAMBARAN PERLUNYA PENGAWASAN MAKANAN JAJANAN ANAK SEKOLAH SD DI INDONESIA
Selasa, 02 April 2024 - 08:47 WIB
PELATIHAN EPIDEMIOLOGI LAPANGAN LEVEL INTERMEDIATE BAGI PETUGAS EPIDEMIOLOG DI DINAS KESEHATAN
Senin, 18 Maret 2024 - 17:33 WIB
PERSEPSI DOKTER GIGI TERHADAP PELATIHAN PENATALAKSANAAN KEGAWATDARURATAN BIDANG KEDOKTERAN GIGI KERJASAMA PDGI DENGAN BBPK CILOTO
Jumat, 16 Februari 2024 - 09:19 WIB
PENANDATANGANAN PERJANJIAN KINERJA DI LINGKUNGAN DIREKTORAT JENDERAL TENAGA KESEHATAN TAHUN 2024
Kamis, 15 Februari 2024 - 17:00 WIB
PELATIHAN KONSELING MENYUSUI DAN PELATIHAN SURVEILANS DAN PENGENDALIAN VEKTOR DAN BINATANG PEMBAWA PENYAKIT BAGI TENAGA ENTOMOLOG KESEHATAN DI PUSKESMAS
Senin, 12 Februari 2024 - 09:42 WIB
PEMBUKAAN PELATIHAN PENGEMBANGAN MEDIA PRESENTASI BAGI SDM KESEHATAN GELOMBANG 1
Senin, 29 Januari 2024 - 14:22 WIB