Detail Info Terkini

Isi Informasi Tentang Kegiatan/Berita Di BBPK Ciloto

PEMBUKAAN PELATIHAN PALIATIF KANKER BAGI TENAGA KESEHATAN ANGKATAN 5 DAN PEMERIKSAAN TUBERKULOSIS (TBC) DENGAN MENGGUNAKAN ALAT TES CEPAT MOLEKULER (TCM) DI FASILITAS KESEHATAN

Dipublikasi Pada: Senin, 30 Oktober 2023 - 16:57 WIB


Ciloto, 30 Oktober 2023- Pelatihan Pemeriksaan TBC menggunakan alat TCM bertujuan untuk meningkatkan kompetensi tenaga laboratorium di fasilitas kesehatan dalam pemeriksaan TBC. Pelatihan ini dilakukan dalam 4 angkatan dengan kompetensi mencakup teknologi dan instalasi alat TCM, alur pemeriksaan untuk diagnosis tuberkulosis, keamanan kerja laboratorium, penanganan spesimen, pemeriksaan TCM, interpretasi hasil pemeriksaan, pemeliharaan alat TCM, pencatatan, pelaporan hasil pemeriksaan, dan manajemen logistik laboratorium. Pelatihan ini dilaksanakan secara blended learning selama 7 hari efektif, dengan sebagian pembelajaran daring dan sebagian klasikal.
 
Sementara itu, Pelatihan Paliatif Kanker ditujukan untuk tenaga kesehatan dengan tujuan memberikan pelayanan paliatif kanker yang sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya. Kompetensi peserta meliputi komunikasi terapeutik, penatalaksanaan gejala, dukungan psikologi, sosial, spiritual, penatalaksanaan nutrisi, penatalaksanaan akhir kehidupan, dukungan masa duka cita, pencatatan, dan pelaporan. Program ini juga dilakukan dalam beberapa angkatan dengan metode blended learning selama 8 hari efektif.
 
Pelatihan ini melibatkan berbagai fasilitator dari berbagai instansi, termasuk Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, PT Medquest, Perkalindo, rumah sakit, puskesmas, dan Widyaiswara BBPK Ciloto.
 
Evaluasi peserta meliputi pre-test, penugasan, praktek lapangan, kehadiran, dan post-test. Peserta yang berhasil menyelesaikan pelatihan dengan baik dan memenuhi syarat kehadiran akan mendapatkan sertifikat dari Kementerian Kesehatan RI.
 
Harapannya adalah agar peserta dapat mengikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh, aktif berpartisipasi, dan menyelesaikan semua tugas dengan baik. Dengan demikian, mereka diharapkan dapat menjadi tenaga kesehatan yang handal dan terampil, kompeten dalam pengetahuan, keterampilan, dan sikap, sehingga dapat melaksanakan tugas mereka secara optimal.
 
Pelatihan ini menekankan pentingnya keterlibatan aktif peserta, termasuk berdiskusi dan berkolaborasi dengan sesama peserta, sehingga pelatihan dapat menjadi pengalaman pembelajaran yang bermanfaat. Dengan itu, resmi dibuka program Pelatihan Pemeriksaan TBC Menggunakan Alat TCM dan Pelatihan Paliatif Kanker bagi Tenaga Kesehatan.


<< kembali ke indeks berita



Berita Lainnya:


PELATIHAN PENUGASAN KHUSUS TENAGA KESEHATAN BERBASIS TIM BATCH XXVII
Jumat, 19 April 2024 - 11:00 WIB
PELATIHAN PELAYANAN PRIMA BERBASIS SOFT SKILLS BAGI SDM KESEHATAN
Kamis, 18 April 2024 - 09:20 WIB
GAMBARAN PERLUNYA PENGAWASAN MAKANAN JAJANAN ANAK SEKOLAH SD DI INDONESIA
Selasa, 02 April 2024 - 08:47 WIB
PELATIHAN EPIDEMIOLOGI LAPANGAN LEVEL INTERMEDIATE BAGI PETUGAS EPIDEMIOLOG DI DINAS KESEHATAN
Senin, 18 Maret 2024 - 17:33 WIB
PERSEPSI DOKTER GIGI TERHADAP PELATIHAN PENATALAKSANAAN KEGAWATDARURATAN BIDANG KEDOKTERAN GIGI KERJASAMA PDGI DENGAN BBPK CILOTO
Jumat, 16 Februari 2024 - 09:19 WIB
PENANDATANGANAN PERJANJIAN KINERJA DI LINGKUNGAN DIREKTORAT JENDERAL TENAGA KESEHATAN TAHUN 2024
Kamis, 15 Februari 2024 - 17:00 WIB