Detail Info Terkini

Isi Informasi Tentang Kegiatan/Berita Di BBPK Ciloto

BALAI BESAR PELATIHAN KESEHATAN (BBPK) CILOTO MEMBUKA PELATIHAN TOT SURVEILANS PENYAKIT YANG DAPAT DICEGAH DENGAN IMUNISASI (PD3I) ANGKATAN 1 TAHUN 2023

Dipublikasi Pada: Senin, 06 November 2023 - 13:50 WIB


Ciloto, 06 November 2023:Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK) Ciloto mengumumkan pelaksanaan Pelatihan Training of Trainer (TOT) Surveilans Penyakit yang Dapat Dicegah dengan Imunisasi (PD3I) bagi Petugas Surveilans di Kabupaten/Kota dan Provinsi, Angkatan 1 Tahun 2023.
 
Indonesia menghadapi tantangan serius dalam upaya pencegahan penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I), dengan perkiraan 1,7 juta kematian anak balita setiap tahunnya. Imunisasi adalah salah satu langkah preventif yang sangat penting untuk memutus mata rantai penularan penyakit dan meningkatkan kekebalan individu terhadap penyakit-penyakit tersebut, seperti Polio, Campak-Rubella, Difteri, Tetanus Neonatorum, dan Pertusis.
 
Surveilans PD3I merupakan elemen kunci dalam upaya pencegahan dan pengendalian penyakit ini. Oleh karena itu, peningkatan kompetensi petugas surveilans PD3I melalui pelatihan TOT menjadi sangat penting. Pelatihan ini bertujuan untuk memastikan bahwa petugas surveilans di Kabupaten/Kota dan Provinsi memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk melaksanakan surveilans PD3I sesuai dengan standar kediklatan.
 
Peserta pelatihan akan mendapatkan kompetensi dalam pemahaman penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi, konsep dasar surveilans epidemiologi, program imunisasi, serta kemampuan melaksanakan surveilans untuk berbagai penyakit seperti Accute Flaccid Paralysis (AFP), Campak-Rubella, Difteri, Tetanus Neonatorum, dan Pertusis. Mereka juga akan mampu menguasai komunikasi risiko, melakukan monitoring, evaluasi, dan melatih pelatihan Surveilans PD3I bagi petugas surveilans di Kabupaten/Kota dan Provinsi.
 
Pelatihan ini akan dilaksanakan dengan metode Blended Learning, sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan oleh Direktorat Peningkatan Mutu Tenaga Kesehatan - Kemenkes RI. Ini adalah langkah nyata dan sesuai dalam upaya transformasi sistem kesehatan dan ketahanan nasional, yang diperlukan untuk memitigasi risiko penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi.
 
Dari pelatihan ini kami berharap akan menjadi momentum penting bagi para pengelola Program Surveilans dan Widyaiswara untuk meng-update pengetahuan dan keterampilan. Kerjasama lintas sektor adalah kunci keberhasilan dalam upaya ini, dan kami yakin bahwa kolaborasi ini akan menjadi landasan yang positif untuk masa depan yang lebih sehat.
 
Selamat mengikuti pelatihan, dan semoga pelatihan TOT Surveilans PD3I ini akan memberikan manfaat yang besar bagi kesehatan masyarakat Indonesia. Teruslah berkontribusi dalam upaya pencegahan penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi!
 

<< kembali ke indeks berita



Berita Lainnya:


PELATIHAN PENUGASAN KHUSUS TENAGA KESEHATAN BERBASIS TIM BATCH XXVII
Jumat, 19 April 2024 - 11:00 WIB
PELATIHAN PELAYANAN PRIMA BERBASIS SOFT SKILLS BAGI SDM KESEHATAN
Kamis, 18 April 2024 - 09:20 WIB
GAMBARAN PERLUNYA PENGAWASAN MAKANAN JAJANAN ANAK SEKOLAH SD DI INDONESIA
Selasa, 02 April 2024 - 08:47 WIB
PELATIHAN EPIDEMIOLOGI LAPANGAN LEVEL INTERMEDIATE BAGI PETUGAS EPIDEMIOLOG DI DINAS KESEHATAN
Senin, 18 Maret 2024 - 17:33 WIB
PERSEPSI DOKTER GIGI TERHADAP PELATIHAN PENATALAKSANAAN KEGAWATDARURATAN BIDANG KEDOKTERAN GIGI KERJASAMA PDGI DENGAN BBPK CILOTO
Jumat, 16 Februari 2024 - 09:19 WIB
PENANDATANGANAN PERJANJIAN KINERJA DI LINGKUNGAN DIREKTORAT JENDERAL TENAGA KESEHATAN TAHUN 2024
Kamis, 15 Februari 2024 - 17:00 WIB