Detail Info Terkini

Isi Informasi Tentang Kegiatan/Berita Di BBPK Ciloto

Transformasi Kesehatan Melalui Pelatihan Skrining Bayi Baru Lahir bagi Dokter, Bidan dan Perawat di Puskesmas: Kolaborasi BBPK Ciloto dan Poltekkes Kemenkes di 7 Provinsi

Dipublikasi Pada: Rabu, 15 November 2023 - 09:00 WIB


Ciloto, 15 November 2023 - Dalam upaya meningkatkan kesehatan bayi baru lahir di Indonesia, Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK) Ciloto telah berhasil menjalin kolaborasi dengan Poltekkes Kemenkes di 7 provinsi, yaitu Jambi, Bengkulu, Tanjung Karang, Pontianak, Kalimantan Timur, Palangkaraya, dan Banjarmasin. Kolaborasi ini mencapai puncaknya melalui penyelenggaraan Pelatihan Skrining Bayi Baru Lahir yang melibatkan dokter, bidan, dan perawat di Puskesmas.


Fokus utama pelatihan adalah pentingnya program skrining bayi baru lahir, terutama Skrining Hipotiroid Kongenital (SHK), yang perlu dilakukan sebelum usia 2 bulan. Peserta pelatihan dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan untuk mendeteksi dini masalah kesehatan pada bayi baru lahir, dengan harapan tindakan yang tepat dapat segera diambil.


Dalam sambutannya, perwakilan BBPK Ciloto dan Poltekkes Kemenkes menegaskan bahwa pelatihan ini merupakan langkah krusial dalam memastikan setiap bayi memiliki peluang terbaik untuk tumbuh dan berkembang dengan baik. Mereka juga menyoroti peran sosialisasi kepada masyarakat dan tenaga kesehatan, khususnya di rumah sakit, sebagai kunci utama untuk menjadikan skrining bayi baru lahir sebagai prosedur tetap.


Peserta pelatihan telah dibekali dengan teknik-teknik skrining yang efektif, penggunaan alat-alat yang diperlukan, dan pemahaman akan pentingnya pelaporan hasil skrining secara tepat waktu. Semua ini diharapkan akan menjadi pondasi kuat untuk melanjutkan pekerjaan dalam menjaga kesehatan bayi-bayi yang baru lahir di wilayah masing-masing.


Pelatihan ini dianggap sebagai langkah awal yang krusial dalam konteks transformasi kesehatan. Kolaborasi antara profesional kesehatan, pemerintah, organisasi non-profit, dan masyarakat umum dipandang sebagai bagian integral dari upaya bersama untuk memastikan setiap bayi mendapatkan perawatan yang diperlukan sejak dini.


Para peserta pelatihan diharapkan dapat memainkan peran penting dalam memastikan bahwa tidak ada bayi yang terlewatkan dalam proses skrining dan intervensi yang diperlukan. Dengan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki, mereka diharapkan dapat menjadi garda terdepan dalam mencegah penyakit dan kondisi yang dapat memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Pelatihan ini telah di laksanakan sebanyak 7 gelombang bersama dengan 7 provinsi yaitu Jambi, Bengkulu, Tanjung Karang, Pontianak, Kalimantan Timur, Palangkaraya, Banjarmasin dan pelatihan terhitung mulai dari : 

  1. Gelombang 1 yang dimulai pada tanggal 2-4 Oktober 2023 dengan total peserta sebanyak 756.
  2. Gelombang 2 dilaksanakan pada tanggal 9-11 Oktober 2023 dengan total peserta sebanyak 770.
  3. Gelombang 3 dilaksanakan pada tanggal 16-18 Oktober 2023 dengan total peserta sebanyak 759.
  4. Gelombang 4 dilaksanakan pada tanggal 23-25 Oktober 2023 dengan total peserta sebanyak 508.
  5. Gelombang 5 dilaksanakan pada tanggal 30 Oktober - 1 November 2023 dengan total peserta sebanyak 690.
  6. Gelombang 6 dilaksanakan pada tanggal 6-8 November 2023 dengan total peserta sebanyak 747.
  7. Gelombang 7 dilaksanakan pada tanggal 13-15 November 2023 dengan total peserta sebanyak 668.

Pelaksanaan pelatihan dalam 7 gelombang dengan total peserta sebanyak 4898 orang menandai komitmen bersama untuk memperbaiki akses, kualitas, dan kesetaraan layanan kesehatan bagi semua masyarakat, termasuk bayi baru lahir. Para peserta diharapkan dapat membawa perubahan dalam sistem kesehatan, berperan aktif dalam memastikan bahwa setiap anak memiliki kesempatan terbaik untuk tumbuh dan berkembang dengan sehat.


Pemberitaan Pelatihan ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat umum dan pelaku kesehatan untuk terus mendukung transformasi kesehatan demi masa depan yang lebih cerah untuk  generasi yang akan datang.



<< kembali ke indeks berita



Berita Lainnya:


PERSEPSI DOKTER GIGI TERHADAP PELATIHAN PENATALAKSANAAN KEGAWATDARURATAN BIDANG KEDOKTERAN GIGI KERJASAMA PDGI DENGAN BBPK CILOTO
Jumat, 16 Februari 2024 - 09:19 WIB
PELATIHAN KONSELING MENYUSUI DAN PELATIHAN SURVEILANS DAN PENGENDALIAN VEKTOR DAN BINATANG PEMBAWA PENYAKIT BAGI TENAGA ENTOMOLOG KESEHATAN DI PUSKESMAS
Senin, 12 Februari 2024 - 09:42 WIB
PEMBUKAAN PELATIHAN PENGEMBANGAN MEDIA PRESENTASI BAGI SDM KESEHATAN GELOMBANG 1
Senin, 29 Januari 2024 - 14:22 WIB
SCOOPING IMMERSION
Rabu, 17 Januari 2024 - 12:00 WIB
NILAI INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT (IKM) TRIWULAN 4 TAHUN 2023
Rabu, 03 Januari 2024 - 16:00 WIB
NILAI INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT (IKM) TRIWULAN 3 TAHUN 2023
Senin, 04 Desember 2023 - 10:00 WIB