Detail Info Terkini

Isi Informasi Tentang Kegiatan/Berita Di BBPK Ciloto

PELATIHAN PENUGASAN KHUSUS TENAGA KESEHATAN BERBASIS TIM BATCH XXVII

Dipublikasi Pada: Jumat, 19 April 2024 - 11:00 WIB


Pada hari ini, jum’at dilaksanakan sebuah acara PembukaanPelatihan Penugasan Khusus Tenaga Kesehatan Berbasis Tim Batch XXVII. Acara ini dibuka secara langsung oleh kepala BBPK Ciloto (Sjamsul Ariffin, SKM, M.Epid), yang juga turut hadir Kepala Dinas Kesehatan Kab. Cianjur, Para Pejabat di Lingkungan Pusat Pendidikan Kesehatan Angkatan Darat (Pusdikkesad), Para Pejabat Administrator dan Pengawasdi lingkungan Direktorat Pendayagunaan Tenaga Kesehatan, Para Fasilitatordalam Pelatihan Penugasan Khusus Tenaga Kesehatan, dan tidak luput hadir Peserta Pelatihan Penugasan Khusus Tenaga Kesehatan Berbasis Tim Batch XXVII.

Dilaksanakannya Pelatihan Penugasan Khusus Tenaga Kesehatan Berbasis Tim Batch XXVII ini salah satu ialah untuk mengatasi permasalahan pengelolaan SDM Kesehatan yang dimana pada waktu sekarang ini adalah belum meratanya distribusi SDM Kesehatan di fasilitas pelayanan kesehatan. Padahal tenaga kesehatan yang cukup dan merata merupakan enabler penting, fasilitas tidak akan bisa dibangun secara merata tanpa tersedianya tenaga kesehatan. Menjadi tugas pemerintah, baik pusat maupun daerah untuk melakukan distribusi/pemerataan dan pendayagunaan SDM Kesehatan di seluruh wilayah Indonesia.

Meningkatkan jumlah, penyebaran, komposisi, dan mutu tenaga kesehatan merupakan tantangan masa depan pembangunan kesehatan. Ketersediaan tenagakesehatan yang memadai merupakan salah satu faktor pendukung dalam percepatanpencapaian derajat kesehatan masyarakat yang baik sebagai salah satu tujuanpembangunan kesehatan serta dalam upaya mendukung pelaksanaan JaminanKesehatan Nasional (JKN).Komitmen Kementerian Kesehatan dalam pencapaian RPJMN Bidang Kesehatan 2024 adalah mencanangkan enam pilar Transformasi Kesehatan, termasuk di dalamnya Transformasi SDM Kesehatan. Transformasi SDM Kesehatan merupakan satu pilar transformasi yang menjadi pondasi dasar dalam mewujudkan pelayanan kesehatan yang terjangkau dan berkualitas. Salah satu masalah yang akan diselesaikan dalam transformasi SDM Kesehatan adalah akses terhadap pelayanan kesehatan oleh SDM kesehatan yang berkualitas. Dalam menjamin ketersediaan SDM kesehatan yang berkualitas, diperlukan pengelolaan SDM Kesehatan yang baik dimulai dari perencanaan, penyediaan, pendayagunaan, peningkatan mutu serta pembinaan dan pengawasan.

Penugasan Khusus Tenaga Kesehatan dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan jenis, jumlah, dan kualifikasi tenaga kesehatan dan merupakan bagian dari kebijakan pemenuhan tenaga kesehatan dalam rangka meningkatkan pemerataan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang berkualitas. Penugasan Khusus Tenaga Kesehatanmerupakan upaya distribusi tenaga kesehatan merata di seluruh pelosok tanah air, terutama di daerah terpencil, tertinggal, perbatasan, dan kepulauan (DTPK).
Permenkes RI No. 33 Tahun 2018 tentang Penugasan KhususTenaga Kesehatan berbasis tim dilaksanakan untukmemenuhi kebutuhan jenis, jumlah, dan kualifikasi tenagakesehatan yang bersifat jangka pendek dan merupakanbagian dari kebijakan pemenuhan tenaga kesehatanjangka panjang dalam rangka meningkatkan pemerataanakses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yangberkualitas.

Penugasan Khusus Tenaga Kesehatan diharapkan mampu memperkuat puskesmas dalam menjalankan fungsi promotif dan preventif. Program ini juga diharapkan mampu menguatkan layanan kesehatan primer melalui peningkatan akses dan kualitas pelayanan kesehatan dasar di DTPK dan DBK, serta menjaga keberlangsungan pelayanan kesehatan, menggerakkan pemberdayaan masyarakat, dan dapat memberikan pelayanan kesehatan yang terintegrasi.Oleh karena itu, saat ini materi pelatihan telah disesuaikan dengan penekanan pemahaman program - program pada Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer (ILP).
 
Sebelum melaksanakan tugas di daerah penempatan, kami membekali saudara dengan kompetensi yang diperlukan dalam penugasan. Pelatihan ini juga menjadi tempat pembelajaran saudara-saudara untuk belajar mengenali situasi dan kondisi budaya, masyarakat, permasalahan kesehatan di tempat tugas, termasuk Program Kesehatan Prioritas Nasional diantaranya Pencegahan dan Penurunan Stunting, Penurunan AKI / AKB, Cakupan Imunisasi, Penanggulangan TB dan P2 PTM. Saudara juga diharapkan dapat belajar membangun kerja sama dan menyiapkan diri, baik secara fisik maupun mental sehingga saudara-saudara dapat beradaptasi dengan baik di lingkungan tempat tugas.
 
Metode Pelatihan Penugasan Khusus Tenaga Kesehatan Berbasis Tim Batch XXVIIini dilaksanakan secara blended learning sesuai dengan kurikulum dan sesuai dengan skenario pelatihan yang telah ditetapkan oleh Direktorat Peningkatan Mutu Tenaga Kesehatan - Kemenkes RI. Dan salah satu tujuan dari setelah selesai mengikuti  pelatihan ini,  peserta mampu melaksanakan penugasan khusus pada layanan kesehatan primer di Puskesmas pada lokasi yang ditetapkan sesuai dengan target yang telah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan RI
 
Besar harapan agar para peserta dapat mengikuti rangkaian kegiatan pelatihan ini dengan keseriusan dan kesungguhan sehingga semua materi pembelajaran dapat diserap dan diimplementasikan dengan baik. Manfaatkan sesi-sesi pelatihan dan pembelajaran ini dengan semaksimal mungkin untuk menggali informasi dan pengetahuan serta soft skill yang nantinya saudara perlukan di tempat penugasan. Saya harapkan mudah-mudahan saudara-saudara selalu dan terus bersemangat, dan saya ucapkan terima kasih kepada saudara-saudara sekalian yang sudah bersedia untuk bergabung dalam program Penugasan Khusus Tenaga Kesehatan ini.

<< kembali ke indeks berita



Berita Lainnya:


PELATIHAN KEPEMIMPINAN PENGAWAS (PKP) TAHUN 2024
Senin, 15 Juli 2024 - 15:04 WIB
PELATIHAN DASAR CPNS GOLONGAN III KEMENTERIAN KESEHATAN BALAI BESAR PELATIHAN KESEHATAN CILOTO DAN BALAI PELATIHAN KESEHATAN CIKARANG TAHUN 2024
Selasa, 09 Juli 2024 - 08:26 WIB
HASIL PELAKSANAAN SURVEI INDEKS PERSEPSI ANTI KORUPSI DAN INDEKS PERSEPSI KUALITAS PELAYANAN (BULAN JUNI 2024)
Kamis, 04 Juli 2024 - 14:44 WIB
PELATIHAN PELAYANAN KEFARMASIAN BAGI TENAGA KEFARMASIAN DI PUSKESMAS GELOMBANG III
Selasa, 02 Juli 2024 - 10:09 WIB
PELATIHAN BAGI PELATIH PELAYANAN ASUHAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT GELOMBANG II
Senin, 01 Juli 2024 - 10:07 WIB
HASIL PELAKSANAAN SURVEI INDEKS PERSEPSI ANTI KORUPSI DAN INDEKS PERSEPSI KUALITAS PELAYANAN (BULAN MEI 2024)
Senin, 01 Juli 2024 - 08:40 WIB