Detail Info Terkini

Isi Informasi Tentang Kegiatan/Berita Di BBPK Ciloto

PELATIHAN PUBLIC SPEAKING BAGI SDM KESEHATAN

Dipublikasi Pada: Kamis, 02 Mei 2024 - 13:24 WIB


Hari kamis tanggal 2 mei tahun 2024, tepatnya  pada pukul 10.00 WIB. Terlaksananya sebuah kegiatan yaitu acara Pembukaan Pelatihan Public Speaking bagi SDM Kesehatan Angkatan 3 yang diselenggarakan oleh Balai Besar Pelatihan Kesehatan Ciloto secara daring/online.
 
Dalam kegiatan acara pembukaan kali ini disampaikan langsung oleh Kepala P2KASN Kementerian Kesehatan(Dwi Meiliani, SKM, MKM), tidak luput pula sambutan yang disampaikan oleh Kepala Balai Besar Pelatihan Kesehatan Ciloto (Sjamsul Ariffin, SKM, M.Epid), yang dimana  dihadiri oleh Ketua Tim Kerja dan Pejabat Fungsional di lingkungan P2KASN dan BBPKCiloto, Widyaiswara Penanggung Jawab Pelatihan (Dr. Rudi Bastaman, S.Kep, MKM), Pengendali Pelatihan, TimFasilitator, Panitia Penyelenggara Pelatihan, dan tentu nya para Peserta pelatihan
 
Seperti yang kita ketahui pada umumnya bahwa pengembangan kompetensi SDM dalam suatu organisasi merupakan hal yang penting agar pegawai dapat bekerja sesuai dengan tuntutan kinerja yang harus dicapainya, dan terdapat dalam Undang-undang Nomor 20 tahun 2023 tentang ASN, dan berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 11 tahun 2017 sebagaimana telah diubah menjadi Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2020 tentang Manajemen PNS.
 
Perlu kita ingat bahwa peran SDM terhadap kemajuan organisasi sangat penting, maka tanggung jawab dalam upaya pengembangan kualitas SDM tidak lagi hanya menjadi tanggung jawab masing-masing pegawai, melainkan menjadi tanggung jawab organisasi. Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas SDM dalam rangka pengembangan kompetensi pegawai yaitu dengan memberikan pelatihan sesuai dengan kemampuan yang harus dimiliki setiap pegawai di bidang tugasnya, baik secara klasikal maupun non klasikal.
 
Pengembangan kompetensi SDM merupakan sistem pengembangan yang terintegrasi, dimulai dari penilaian kompetensinya maka hasil dari penilaian kompetensi ASN menunjukkan bahwa kesenjangan kompetensi ASN yang paling besar adalah pada kompetensi komunikasi. Untuk itu Kemenkes Corpu bersama BBPK Ciloto menyelenggarakan Pelatihan Public Speaking ini sebagai salah satu upaya meningkatkan kompetensi komunikasi. Beberapa cara pengembangan kompetensi ASN dapat dilakukan melalui jenis pelatihan teknis, pelatihan manajerial dan pelatihan sosiokultural. Pelatihan public speaking merupakan pelatihan manajerial untuk kompetensi komunikasi dan pengembangan diri pegawai.
 
Pelatihan public speaking bukan hanya sekedar sebagai keterampilan berbicara, namun sudah menjadi sebuah kompetensi yang mensyaratkan keberanian dalam bicara dalam situasi apapun, kemampuan berbicara yang sistematis, teratur dan bagaimana cara berbicara yang berpengaruh, dimana para audiens bisa dipengaruhi atas apa yang kita sampaikan. Publik speaking yang menarik dapat lebih mudah memberikan kesan positif baik pada para audiens atau khalayak lainnya atas ide dan gagasan yang disampaikan. Bagaimana cara menyampaikan pesan yang baik dengan cara mendelivery sebuah materi yang nyaman untuk didengar, bisa diresapi, mempengaruhi dan menginspirasi para audiens sehingga mempermudah dalam pencapaian tujuan.
 
Melalui pembelajaran teknik publik speaking akan menata secara runut dan akan meningkatkan kualitas dalam menyampaikan pesan atau informasi kepada audiens atau sasaran dalam program kesehatan.SDM Kesehatan dalam menyajikan gagasan di hadapan publik, sudah bukan hal yang baru, sudah diketahui oleh masyarakat secara luas tentunya dibutuhkan seluruh kemampuan public speaking untuk mendukung setiap kata dan kalimat yang disampaikan. Ketidaksiapan dan ketidakyakinan seorang pembicara atas materi yang hendak disajikan seringkali menjauhkannya dari keberhasilan dalam melakukan public speaking.
 
Berdasarkan hal tersebut, maka sangat pentingnya dilaksanakan sebuah kegiatan untuk meningkatan kapasitas kompetensi salah satunya dalam publik speaking, sehingga para SDM Kementerian Kesehatan yang seringkali menjadi pembicara dapat menyampaikan pesan secara sistematis, efektif, menarik dan kesannya bertahan lama dalam benak audiens.
 
Diselenggarakannya Pelatihan Public Speaking bagi SDM Kesehatan inimemiliki sebuah tujuan dimana sangat diharapkan bahwa setelah mengikuti pelatihan ini para peserta mampu menjadi pembicara di depan umum dalam bidang kesehatan sesuai dengan sasaran dan kebutuhan pesan yang disampaikan, yang dimana para peserta akan diberikan pengetahuan untuk membangun sebuah metode pengembangan diri dalam Public Speaking. 3 (tiga) diantaranya adalah, penjelasan sebuah konsep public speaking, pengetahuan strukturisasi konten public speaking, dan pelaksanaanteknik publik speaking.
 
Dan sebagai informasi terakhir bahwa Pelatihan Public Speaking bagi SDM Kesehatan ini menggunakan metode pembelajaran pelatihan secara e-learning dan full online dengan mengoptimalkan penggunaan teknologiinformasi dan komunikasi diantaranya melalui platform Zoom Meeting dan LMS Plataran Sehat, juga dalam struktur kurikulum pelatihan ini terdiri dari 30 JPL yang terdiri dari 2 JP Mata Pelatihan Dasar,  22 JP  Mata Pelatihan Inti  dan 6 JP Mata Pelatihan Penunjang . Untuk para peserta yang mengikuti pelatihan ini diberlakukan metode penjaringan berdasarkan beberapa ketentuan diantaranya ialah  ASN dilingkungan Kementerian Kesehatan yang berdasarkan Data Rencana Pengembangan Individu (RPI) melalui P2KASN, surat usulan dari instansi di lingkungan Kementerian Kesehatan, dan terakhir ialah bagi yang sudah melakukan registrasi mandiri melalui Website BBPK Ciloto.

<< kembali ke indeks berita



Berita Lainnya:


PELATIHAN KEPEMIMPINAN PENGAWAS (PKP) TAHUN 2024
Senin, 15 Juli 2024 - 15:04 WIB
PELATIHAN DASAR CPNS GOLONGAN III KEMENTERIAN KESEHATAN BALAI BESAR PELATIHAN KESEHATAN CILOTO DAN BALAI PELATIHAN KESEHATAN CIKARANG TAHUN 2024
Selasa, 09 Juli 2024 - 08:26 WIB
HASIL PELAKSANAAN SURVEI INDEKS PERSEPSI ANTI KORUPSI DAN INDEKS PERSEPSI KUALITAS PELAYANAN (BULAN JUNI 2024)
Kamis, 04 Juli 2024 - 14:44 WIB
PELATIHAN PELAYANAN KEFARMASIAN BAGI TENAGA KEFARMASIAN DI PUSKESMAS GELOMBANG III
Selasa, 02 Juli 2024 - 10:09 WIB
PELATIHAN BAGI PELATIH PELAYANAN ASUHAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT GELOMBANG II
Senin, 01 Juli 2024 - 10:07 WIB
HASIL PELAKSANAAN SURVEI INDEKS PERSEPSI ANTI KORUPSI DAN INDEKS PERSEPSI KUALITAS PELAYANAN (BULAN MEI 2024)
Senin, 01 Juli 2024 - 08:40 WIB