Detail Info Terkini

Isi Informasi Tentang Kegiatan/Berita Di BBPK Ciloto

PELATIHAN TOT PADA PELATIHAN SURVEILANS PD3I BAGI PETUGAS SURVEILANS DI KABUPATEN/KOTA DAN PROVINSI

Dipublikasi Pada: Senin, 06 Mei 2024 - 13:51 WIB


Ciloto, 06 Mei 2024 – Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK) Ciloto bekerja sama dengan Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI) menggelar pelatihan TOT Pada Pelatihan Surveilans PD3i Bagi Petugas Surveilans Di Kabupaten/Kota Dan Provinsi yang dibuka secara resmi oleh Plh. Direktur Pengelolaan Imunisasi Kemenkes, dr. Gertrudis Tandy, MKM secara daring melalui aplikasi zoom meeting dan dihadiri juga oleh Ketua Umum Pengurus Pusat Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI), Dr. dr. Hariadi Wibisono, MPH.
 
Adapun pelatihan ini diikuti sebanyak 60 orang peserta yang terbagi kedalam 2 angkatan dan akan mengikuti pelatihan selama 11 hari efektif atau setara dengan 78 JPL terhitung mulai tanggal 6 s.d. 22 mei 2024 secara full online.  Kriteria peserta pelatihan ini yaitu Widyaiswara di Bapalekes/ UPTD/ Upelkes, petugas surveilans di Kabupaten/ Kota dan Provinsi diutamakan jabfung Epidemiologi, Pendidikan minimal S1 Kesehatan, diutamakan ASN, Surat dari atasan bahwa setelah mengikuti pelatihan yang bersangkutan akan tetap bekerja sebagai petugas surveilans di Kabupaten/Kota/Provinsi minimal 2 (dua) tahun (bagi ASN), telah mengikuti/ lulus dari MOOC Pelatihan Fundamental Epidemiologi dan bersedia mengikuti rangkaian pelatihan sampai selesai.
 
Setelah mengikuti pelatihan ini, diharapkan seluruh peserta mampu melatih pelatihan surveilans PD3I di Kabupaten/Kota dan Provinsi sesuai ketentuan yang berlaku. Serta kompetensi yang harus diwujudkan dalam pelatihan ini adalah peserta mampu Menjelaskan Penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I), Menjelaskan konsep dasar surveilans epidemiologi, enjelaskan program imunisasi, Melakukan surveilans Accute Flaccid Paralysis (AFP), Melakukan surveilans Campak-Rubella, Melakukan surveilans Difteri, Melakukan surveilans Tetanus Neonatorum, Melakukan surveilans Pertusis, Melakukan komunikasi risiko, Melakukan monitoring dan evaluasi, serta Melatih pelatihan Surveilans PD3I bagi Petugas Surveilans di Kabupaten/ Kota dan Provinsi.

<< kembali ke indeks berita



Berita Lainnya:


PELATIHAN KEPEMIMPINAN PENGAWAS (PKP) TAHUN 2024
Senin, 15 Juli 2024 - 15:04 WIB
PELATIHAN DASAR CPNS GOLONGAN III KEMENTERIAN KESEHATAN BALAI BESAR PELATIHAN KESEHATAN CILOTO DAN BALAI PELATIHAN KESEHATAN CIKARANG TAHUN 2024
Selasa, 09 Juli 2024 - 08:26 WIB
HASIL PELAKSANAAN SURVEI INDEKS PERSEPSI ANTI KORUPSI DAN INDEKS PERSEPSI KUALITAS PELAYANAN (BULAN JUNI 2024)
Kamis, 04 Juli 2024 - 14:44 WIB
PELATIHAN PELAYANAN KEFARMASIAN BAGI TENAGA KEFARMASIAN DI PUSKESMAS GELOMBANG III
Selasa, 02 Juli 2024 - 10:09 WIB
PELATIHAN BAGI PELATIH PELAYANAN ASUHAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT GELOMBANG II
Senin, 01 Juli 2024 - 10:07 WIB
HASIL PELAKSANAAN SURVEI INDEKS PERSEPSI ANTI KORUPSI DAN INDEKS PERSEPSI KUALITAS PELAYANAN (BULAN MEI 2024)
Senin, 01 Juli 2024 - 08:40 WIB