Detail Info Terkini

Isi Informasi Tentang Kegiatan/Berita Di BBPK Ciloto

PELATIHAN TOT PADA PELATIHAN SURVEILANS PD3I BAGI PETUGAS SURVEILANS DI KABUPATEN/KOTA DAN PROVINSI

Dipublikasi Pada: Senin, 06 Mei 2024 - 13:51 WIB


Ciloto, 06 Mei 2024 – Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK) Ciloto bekerja sama dengan Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI) menggelar pelatihan TOT Pada Pelatihan Surveilans PD3i Bagi Petugas Surveilans Di Kabupaten/Kota Dan Provinsi yang dibuka secara resmi oleh Plh. Direktur Pengelolaan Imunisasi Kemenkes, dr. Gertrudis Tandy, MKM secara daring melalui aplikasi zoom meeting dan dihadiri juga oleh Ketua Umum Pengurus Pusat Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI), Dr. dr. Hariadi Wibisono, MPH.
 
Adapun pelatihan ini diikuti sebanyak 60 orang peserta yang terbagi kedalam 2 angkatan dan akan mengikuti pelatihan selama 11 hari efektif atau setara dengan 78 JPL terhitung mulai tanggal 6 s.d. 22 mei 2024 secara full online.  Kriteria peserta pelatihan ini yaitu Widyaiswara di Bapalekes/ UPTD/ Upelkes, petugas surveilans di Kabupaten/ Kota dan Provinsi diutamakan jabfung Epidemiologi, Pendidikan minimal S1 Kesehatan, diutamakan ASN, Surat dari atasan bahwa setelah mengikuti pelatihan yang bersangkutan akan tetap bekerja sebagai petugas surveilans di Kabupaten/Kota/Provinsi minimal 2 (dua) tahun (bagi ASN), telah mengikuti/ lulus dari MOOC Pelatihan Fundamental Epidemiologi dan bersedia mengikuti rangkaian pelatihan sampai selesai.
 
Setelah mengikuti pelatihan ini, diharapkan seluruh peserta mampu melatih pelatihan surveilans PD3I di Kabupaten/Kota dan Provinsi sesuai ketentuan yang berlaku. Serta kompetensi yang harus diwujudkan dalam pelatihan ini adalah peserta mampu Menjelaskan Penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I), Menjelaskan konsep dasar surveilans epidemiologi, enjelaskan program imunisasi, Melakukan surveilans Accute Flaccid Paralysis (AFP), Melakukan surveilans Campak-Rubella, Melakukan surveilans Difteri, Melakukan surveilans Tetanus Neonatorum, Melakukan surveilans Pertusis, Melakukan komunikasi risiko, Melakukan monitoring dan evaluasi, serta Melatih pelatihan Surveilans PD3I bagi Petugas Surveilans di Kabupaten/ Kota dan Provinsi.

<< kembali ke indeks berita



Berita Lainnya:


PELATIHAN PUBLIC SPEAKING BAGI SDM KESEHATAN
Kamis, 02 Mei 2024 - 13:24 WIB
PELATIHAN PENUGASAN KHUSUS TENAGA KESEHATAN BERBASIS TIM BATCH XXVII
Jumat, 19 April 2024 - 11:00 WIB
PELATIHAN PELAYANAN PRIMA BERBASIS SOFT SKILLS BAGI SDM KESEHATAN
Kamis, 18 April 2024 - 09:20 WIB
GAMBARAN PERLUNYA PENGAWASAN MAKANAN JAJANAN ANAK SEKOLAH SD DI INDONESIA
Selasa, 02 April 2024 - 08:47 WIB
PELATIHAN EPIDEMIOLOGI LAPANGAN LEVEL INTERMEDIATE BAGI PETUGAS EPIDEMIOLOG DI DINAS KESEHATAN
Senin, 18 Maret 2024 - 17:33 WIB
PERSEPSI DOKTER GIGI TERHADAP PELATIHAN PENATALAKSANAAN KEGAWATDARURATAN BIDANG KEDOKTERAN GIGI KERJASAMA PDGI DENGAN BBPK CILOTO
Jumat, 16 Februari 2024 - 09:19 WIB