Detail Info Terkini

Isi Informasi Tentang Kegiatan/Berita Di BBPK Ciloto

PELATIHAN BAGI PELATIH PELAYANAN ASUHAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT GELOMBANG II

Dipublikasi Pada: Senin, 01 Juli 2024 - 10:07 WIB


Pada suatu saat tertentu dan lebih tepatnya di hari Senin tanggal 1 Juli ditahun 2024, diselenggarakan sebuah acara pembukaan suatu pelatihan oleh Kepala BBPK Ciloto (Bapak Sjamsul Ariffin, SKM, M.Epid). Yaitu pelatihan bagi pelatih pada pelatihan pelayanan asuhan kesehatan gigi dan mulut yang diselenggarakan oleh Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK) Ciloto.
 
Di era sekarang ini untuk pengembangan di bidang kesehatan gigi dan mulut adalah bagian integral dari pembangunan kesehatan secara umum sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2023 tentang Kesehatan, sehingga pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut sangatlah penting untuk diupayakan atau dianggap wajib untuk dilakukan. Pada pasal 70 UU Kesehatan menyatakan bahwa pelayanan Kesehatan gigi dilakukan untuk memelihara dan meningkatkan derajat kesehatan Masyarakat, disebuah upaya pelayanan kesehatan gigi dilakukan dalam bentuk peningkatan kesehatan gigi, pencegahan penyakit gigi, pengobatan penyakit gigi dan pemulihan kesehatan gigi. Peran dokter gigi dan terapis gigi sangat penting untuk melaksanakan peningkatan kualitas derajat kesehatan gigi masyarakat diantaranya melalui pelayanan asuhan kesehatan gigi.
 
Dan apabila dikaitkan dengan transformasi sistem kesehatan, pelatihan ini sangat mendukung terkait Transformasi SDM Kesehatan dimana Dokter Gigi dan Terapis Gigi dan Mulut merupakan garda terdepan dalam pelayanan kesehatan gigi masyarakat. Pelaksanaan pelayanan asuhan kesehatan gigi dan mulut harus dilaksanakan sesuai standar pelayanan. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan perlindungan kepada individu/masyarakat sebagai penerima pelayanan, dan standar pelayanan asuhan kesehatan gigi dan mulut berfungsi sebagai panduan untuk dapat bekerja secara profesional dalam pelaksanaan upaya pelayanan asuhan kesehatan gigi dan mulut kepada masyarakat.
 
Didalam pelaksanaan pelatihan ini para peserta yang akan menjadi calon fasilitator memiliki kesempatan untuk berbagi pengetahuan, inspirasi, dan keterampilan kepada sesame para peserta pelatihan lainnya. Jadilah teladan dalam pelayanan kesehatan gigi dan mulut, diharapakan untuk selalu diingat bahwa setelah menjadi fasilitator bisa dapat mempengaruhi khalayak atau masyarakat dalam mencapai standar tinggi dalam pelayanan kesehatan. Selain memiliki kemampuan untuk bisa mengajarkan keterampilan klinis pelayanan asuhan, penting juga untuk memfasilitasi pembelajaran dengan empati dan kepemimpinan yang peduli.
 
 
Para peserta pelatihan adalah individu yang sedang mengembangkan karir atau memenuhi haknya dalam pengembangan kompetensi dalam bidang ini, menunjukkan sebuah pemahaman dan dukungan kepada mereka dalam pelatihan ini. Dengan empati, maka diharapkan untuk bisa membantu peserta tumbuh menjadi praktisi yang peduli dan berdedikasi.
 
Dalam acara pembukaan pelatihan ini selain kepala BBPK Ciloto yang membuka turut hadir pula Ketua Tim Kerja Pelatihan Program Kesehatan (Ani Anisah, SKM, MKM), Penjamin Mutu Pelatihan (Iman Kastubi, SKM, MA), perwakilan Direktorat Peningkatan Mutu Tenaga Kesehatan, DPP Persatuan Terapis Gigi dan Mulut Indonesia (PTGMI), Politeknik Kesehatan Jurusan Kesehatan Gigi, Universitas Hasanudin Makassar, Tim fasilitator, para pengendali pelatihan dan tentunya para peserta pelatihan.
 
Sebagaimana disampaikan dalam acara pembukaan bahwa tujuan dilaksanakannya pelatihan ini diharapkan para peserta mampu melatih pada Pelatihan Pelayanan Asuhan Kesehatan Gigi dan Mulut sesuai standar yang berlaku dengan kompetensi sebagai mampu memahami konsep dasar asuhan kesehatan gigi dan mulut, melakukan proses asuhan kesehatan gigi dan mulut individu, proses asuhan kesehatan gigi dan mulut pada kelompok Masyarakat, pendokumentasian asuhan kesehatan gigi dan mulut, dan mampu melatih pada pelatihan Pelayanan Asuhan Kesehatan Gigi dan Mulut.
 
Pelatihan ini memiliki jumlah jam pelatihan sebanyak 62 Jam pelajaran dengan metode pelaksanakan secara Blended Learning dan bekerja sama dengan rekan UPT sesama balai pelatihan yaitu BBPK Makasar, dengan penjelasan waktu pelaksanaan  daring tanggal 1 s/d 5  Juli 2024 bertempat di instansi masing-masing dan klasikal 8 s/d 12 Juli 2024 bertempat di Balai Besar Pelatihan Kesehatan Makassar dengan Tempat Praktek di Jurusan Kesehatan Gigi Poltekkes Kemenkes Makasar.
 
Terdapat beberapa unsur untuk menjadi peserta dipelatihan ini diantaranya ialah Praktisi/ Dosen/ Widyaiswara. Dan untuk unsur praktisi harus memiliki persyaratan pendidikan minimal DIII Kesehatan Gigi/ Keperawatan Gigi dengan masa  kerja minimal 10 tahun sebagai praktisi terapis gigi dan mulut, untuk calon peserta yang berprofesi Dosen diutamakan pengampu mata kuliah Asuhan Kesehatan Gigi dan Mulut minimal 3 tahun terakhir (melampirkan SK Dosen), bagi para Widyaiswara yang menjadi peserta diutamakan  memiliki  latar  belakang  Pendidikan Terapis Gigi dan Mulut atau Dokter Gigi, dan bagi semua unsur para calon peserta semua harus memiliki Surat Tanda Registrasi (STR)/ Surat Ijin Praktik (SIP) Terapis Gigi dan Mulut. Para peserta yang mengikuti pelatihan ini berasal dari 8 Provinsi: Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Kalimantan Timur, Bali, dan Maluku Utara.
  
Beberapa faktor pendukung dalam pelaksanaan pelatihan ini sangatlah diperlukan sebagai penunjang guna terlaksana secara maksimal diantaranya sistem informasi untuk kedua jenis pelatihan yaitu Simpel-IT untuk Sistem Administrasi Pelatihan yang dimiliki oleh BBPK Ciloto, Learning manajemen Sistem Plataran Sehat sebagai media pembelajaran. Penyelenggaraan pelatihan ini dilaksanakan oleh BBPK Ciloto sebagai lembaga yang terakreditasi A oleh Direktorat Peningkatan Mutu Tenaga Kesehatan, dengan sistem register pelatihan yang akan dilaksanakan telah teregister oleh Direktorat Peningkatan Mutu Tenaga Kesehatan, dan untuk sertifikasi pelatihan penerbitan sertifikat dalam bentuk e-sertifikat, e-sign dan diterbitkan melalui LMS Plataran Sehat.

<< kembali ke indeks berita



Berita Lainnya:


PELATIHAN DASAR CPNS GOLONGAN III KEMENTERIAN KESEHATAN BALAI BESAR PELATIHAN KESEHATAN CILOTO DAN BALAI PELATIHAN KESEHATAN CIKARANG TAHUN 2024
Selasa, 09 Juli 2024 - 08:26 WIB
HASIL PELAKSANAAN SURVEI INDEKS PERSEPSI ANTI KORUPSI DAN INDEKS PERSEPSI KUALITAS PELAYANAN (BULAN JUNI 2024)
Kamis, 04 Juli 2024 - 14:44 WIB
PELATIHAN PELAYANAN KEFARMASIAN BAGI TENAGA KEFARMASIAN DI PUSKESMAS GELOMBANG III
Selasa, 02 Juli 2024 - 10:09 WIB
HASIL PELAKSANAAN SURVEI INDEKS PERSEPSI ANTI KORUPSI DAN INDEKS PERSEPSI KUALITAS PELAYANAN (BULAN MEI 2024)
Senin, 01 Juli 2024 - 08:40 WIB
Field Trip Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Peserta Pelatihan Managerial Leaders Program Batch 2
Senin, 24 Juni 2024 - 09:58 WIB
PELATIHAN TOT PADA PELATIHAN SURVEILANS PD3I BAGI PETUGAS SURVEILANS DI KABUPATEN/KOTA DAN PROVINSI
Senin, 06 Mei 2024 - 13:51 WIB