Detail Info Terkini

Isi Informasi Tentang Kegiatan/Berita Di BBPK Ciloto

PELATIHAN DASAR CPNS GOLONGAN III KEMENTERIAN KESEHATAN BALAI BESAR PELATIHAN KESEHATAN CILOTO DAN BALAI PELATIHAN KESEHATAN CIKARANG TAHUN 2024

Dipublikasi Pada: Selasa, 09 Juli 2024 - 08:26 WIB


Ditengah cuaca yang mendung dan baru nampak bias-bias cahaya matahari, dikampus utama BBPK Ciloto dan tepatnya pada tangal 9 Juli 2024 dilaksanakan kegiatan acara pembukaan pelatihan dasar CPNS golongan III secara daring/ online. Dalam pelaksanaan kegiatan ini acara dibuka langsung oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan RI (Kunta Wibawa Dasa Nugraha, S.E.,M.A.,Ph.D) yang dimana sebelum sesi pembukaan disampaikan terlebih dahulu penyampaian laporan kegiatan pelaksanaan pelatihan oleh Kepala BBPK Ciloto (Sjamsul Ariffin, SKM, M.Epid).
Sebagaimana disampaikan secara singkat dalam penyelenggaraan Pelatihan Dasar CPNS Kementerian Kesehatan Golongan  III Tahun 2024 memiliki dasar hukum yang diantaranya :
 
Dan kenapa dilaksanakannya pelatihan dasar CPNS? Ialah merupakan sebuah sarana kegiatan yang memiliki tujuan untuk melatih para CPNS yang terintegrasi dan mampu menginternalisasikan juga mengimplementasikan Core Value ASN BerAKHLAK dalam mendukung employer branding ASN Bangga melayani Bangsa. Yang dimana kedepannya para CPNS ini bisa menjadi para ASN yang memiliki kemampuan, pengetahuan, dan keahlian dalam pelayanan tugas sesuai bidang penempatan posisinya. Sebuah kompetensi yang diwujudkan dilaksanakannya pelatihan ini adalah pembentukan karakter dan penguatan kompetensi teknis yang dibutuhkan sesuai bidang tugas masing-masing peserta, diantaranya pembentukan karakter yang diharapkan kedepannya para peserta mampu menunjukkan sikap perilaku bela negara, mengaktualisasikan nilai-nilai dasar PNS dalam pelaksanaan tugas jabatannya, dan juga mampu mengimpelementasikan kedudukan dan peran PNS dalam kerangka NKRI.

Di pelatihan dasar CPNS yang diselenggarakan oleh Balai Besar Pelatihan Kesehatan Ciloto dan Balai Pelatihan Kesehatan Cikarang ini memiliki struktur kurikulum pelatihan yang terdiri dari 2 (dua) kurikulum yakni Kurikulum Pembentukan Karakter dan Kurikulum Penguatan Kompetensi Teknis Bidang Tugas dan didalamnya terdapat  647 Jam Pelajaran atau setara dengan 72 hari kerja dengan metode blended learning dengan tahapan MOOC (48 JP), e-learning (217 JP), aktualisasi (320 JP) dan Klasikal 62 JP. Untuk para peserta pelatihan dasar CPNS kali ini merupakan para CPNS dari Kementerian Kesehatan dari formasi pengangkatan tahun 2024 yang berjumlah 104 (seratus empat) orang, keseluruhan sebagai jabatan fungsional Dosen Asisten Ahli dengan penempatan kerja tersebar di 32 UPT Politeknik Kesehatan - Kementerian Kesehatan.

Dikegiatan acara pembukaan yang dilaksanakan secara virtual (zoom meeting) ini turut dihadiri pula oleh beberapa tamu undangan dari Kepala Pusat Pembinaan Program dan Kebijakan Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara, LAN RI (Dr.Tr. Erna Irawati, S.Sos, M.Pol. Adm), Sekretaris Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan (Albertus Yudha Poerwadi, SE, M.Si.,CA., CPMA, CPIA), beberapa perwakilan dari Kepala Pusat Pengembangan Kompetensi ASN Kementerian Kesehatan, Kepala Biro Organisasi dan SDM Kementerian Kesehatan, Direktur Peningkatan Mutu Tenaga Kesehatan, Direktur Penyediaan Tenaga Kesehatan, Direktur Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan, dan Kepala Subbag Adum Bapelkes Cikarang. Sehingga diakhir sesi terdapat momen perbincangan ringan diantara para pejabat dilingkungan Kementeria Kesehatan ini sejenak walaupun secara virtual dan singkat, karena momen untuk berjumpa seperti itu sangat langka untuk bisa dilakukan.  

<< kembali ke indeks berita



Berita Lainnya:


HASIL PELAKSANAAN SURVEI INDEKS PERSEPSI ANTI KORUPSI DAN INDEKS PERSEPSI KUALITAS PELAYANAN (BULAN JUNI 2024)
Kamis, 04 Juli 2024 - 14:44 WIB
PELATIHAN PELAYANAN KEFARMASIAN BAGI TENAGA KEFARMASIAN DI PUSKESMAS GELOMBANG III
Selasa, 02 Juli 2024 - 10:09 WIB
PELATIHAN BAGI PELATIH PELAYANAN ASUHAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT GELOMBANG II
Senin, 01 Juli 2024 - 10:07 WIB
HASIL PELAKSANAAN SURVEI INDEKS PERSEPSI ANTI KORUPSI DAN INDEKS PERSEPSI KUALITAS PELAYANAN (BULAN MEI 2024)
Senin, 01 Juli 2024 - 08:40 WIB
Field Trip Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Peserta Pelatihan Managerial Leaders Program Batch 2
Senin, 24 Juni 2024 - 09:58 WIB
PELATIHAN TOT PADA PELATIHAN SURVEILANS PD3I BAGI PETUGAS SURVEILANS DI KABUPATEN/KOTA DAN PROVINSI
Senin, 06 Mei 2024 - 13:51 WIB