DETAIL AGENDA PELATIHAN DI BBPK CILOTO TAHUN 2018



Detail Data Pelatihan
Tahun Pelaksanaan
:
2018
Jenis Pelatihan
:
Pelatihan Teknis Kesehatan
Nama Pelatihan
:
Pelatihan Investigasi KLB Terpadu
Gelombang/batch
:
Gel. 2
Periode Pendaftaran
:
23 November 2018 s/d 27 November 2018
Periode Pelatihan
:
26 November 2018 s/d 13 Desember 2018
Sasaran Peserta
:
Pelaksana kegiatan surveilans epidemiologi kesehatan manusia, kesehatan hewan, atau kesehatan satwa liar
Tempat Penyelenggaraan
:
Bapelkes Daerah Istimewa Yogyakarta
Quota
:
32 Peserta
Kontak Person
:
Maman, SKM, MPH | +62 813-2074-6833
Lampiran Jadwal
:
Pertumbuhan eksponensial dari populasi manusia dan hewan ternak, angka urbanisasi yang tinggi, perubahan sistem pertanian, kerusakan hutan, perubahan ekosistem dan globalisasi perdagangan hewan dan produk hewan telah mengantarkan umat manusia pada tantangan global penyebaran penyakit infeksius yang baru muncul (emerge) atau muncul kembali (re-emerge) yang sangat erat kaitannya dengan manusia, hewan, dan ekosistem tempat mereka tinggal. 75% penyakit infeksi emerging bersifat zoonosis dan berpotensi menyebabkan Kejadian Luar Biasa (KLB)/ wabah di Indonesia atau bahkan meluasnya KLB/ wabah antarnegara yang dikenal dengan pandemi.

Kejadian KLB/ wabah sesungguhnya dapat diketahui lebih dini jika dilakukan pengamatan yang teratur, teliti dan terus-menerus. Apabila hasil pengamatan menunjukkan adanya tersangka KLB/ wabah, maka perlu dilakukan penyelidikan epidemiologis untuk mengenal sifat-sifat penyebab dan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi terjadinya dan penyebarluasan KLB/ wabah tersebut disamping tindakan penanggulangannya. Hasil penyelidikan epidemiologis mengarahkan langkah-langkah yang harus dilakukan dalam upaya penanggulangan KLB/ wabah. Upaya penanggulangan KLB/ wabah yang direncanakan dengan cermat dan dilaksanakan oleh semua pihak yang terkait secara terkoordinasi dapat menghentikan atau membatasi penyebarluasan KLB/ wabah.

 Integrasi dari segala bidang keilmuan (kesehatan dan lingkungan) sangat diperlukan untuk bersama-sama memikirkan jalan keluar atas ancaman KLB/ wabah akibat penyakit zoonosis. “One Health” sebagai sebuah konsep yang mendasarkan bahwa kesehatan manusia, hewan, dan lingkungan/ ekosistem bersifat saling bergantung satu sama lain melalui kolaborasi antardisiplin terkait sehingga dipandang tepat dalam mencegah ataupun mengendalikan penyebaran penyakit, kesehatan ekosistem, serta kemunculan patogen baru dan agen zoonotik yang dapat menyebabkan morbiditas dan mortalitas serta berdampak pada pertumbuhan sosioekonomik.

IndonesiaOne Health Univercity Network (INDOHUN) bekerjasama dengan Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK) Ciloto, Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan (BBPKH) Cinagara, Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI),  Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI, Dirjen PKH Kementan RI, FKM UI dan IPB Bogor memiliki peran penting dalam meningkatkan kompetensi tenaga epidemiologi lapangan dalam melakukan investigasi KLB/ wabah. Peningkatan kompetensi tersebut dapat dicapai melalui kegiatan pelatihan. Oleh karena itu diperlukan struktur program/ kurikulum pelatihan.
BBPK Ciloto bekerja sama dengan Bapelkes DI Yogyakarta dipandang perlu untuk melaksanakan pelatihan Investigasi KLB/Wabah Terpadu pendekatan One Health bagi Petugas Epidemiologi Lapangan
Format Dokumen Kelengkapan (Unduhan)

Data Komponen Unduhan Kosong!


File Kelengkapan Administrasi (Unggahan)

Data Komponen Unggahan Kosong!