Detail Info Terkini

Isi Informasi Tentang Kegiatan/Berita Di BBPK Ciloto

PEMBUKAAN PELATIHAN PENUGASAN KHUSUS TENAGA KESEHATAN INDIVIDU PERIODE IV TAHUN 2023: MENINGKATKAN PELAYANAN KESEHATAN PRIMER DI SELURUH INDONESIA

Dipublikasi Pada: Jumat, 20 Oktober 2023 - 16:11 WIB


Ciloto, 18 Oktober 2023- Kementerian Kesehatan RI membuka periode IV pelatihan Penugasan Khusus Tenaga Kesehatan Individu tahun 2023, dengan tujuan meningkatkan distribusi dan kualitas tenaga kesehatan di seluruh wilayah Indonesia. 
Pelatihan ini adalah langkah strategis untuk mengatasi masalah yang saat ini dihadapi. Salah satu permasalahan yang dihadapi adalah ketidakmerataan distribusi SDM kesehatan, terutama di puskesmas. Hingga saat ini, sekitar 3,55% puskesmas di Indonesia belum memiliki dokter, dan hanya sekitar 56,11% puskesmas yang memiliki 9 jenis tenaga kesehatan prioritas. Masalah ini sangat penting karena tenaga kesehatan yang cukup dan merata adalah kunci keberhasilan dalam memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas kepada masyarakat.
Penugasan Khusus Tenaga Kesehatan merupakan langkah strategis dalam rangka meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang berkualitas, terutama di daerah terpencil, tertinggal, perbatasan, dan kepulauan (DTPK). Pelatihan ini bertujuan untuk memperkuat puskesmas dalam menjalankan fungsi promotif dan preventif serta meningkatkan layanan kesehatan primer.
Kementerian Kesehatan RI melaporkan bahwa pelaksanaan pelatihan penugasan khusus individu periode IV di BBPK Ciloto didasari oleh Surat dari Direktur Pendayagunaan Tenaga Kesehatan Nomor : PG.01.05/F.IV/9169/2023, Tanggal 11 Oktober 2023. Pelatihan ini telah mempersiapkan 294 peserta untuk menangani penugasan khusus pada layanan kesehatan primer di puskesmas.
Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan mampu melakukan manajemen puskesmas, menjelaskan program kesehatan prioritas nasional, menjelaskan akreditasi puskesmas, dan melakukan pengelolaan promosi kesehatan. Pelatihan ini menggunakan metode blended learning sesuai dengan kurikulum yang ditetapkan oleh Direktorat Peningkatan Mutu Tenaga Kesehatan - Kemenkes RI.
Periode IV ini juga diikuti oleh 294 peserta yang akan ditempatkan di 257 puskesmas berstatus terpencil dan sangat terpencil yang tersebar di 101 kabupaten pada 15 provinsi. Jadwal pelaksanaan pelatihan mencakup periode dari 19 September hingga 04 November 2023, termasuk tahap registrasi peserta, pembelajaran daring, pembelajaran klasikal, hingga penutupan dan pelepasan.
 
Dengan langkah yang signifikan dalam memastikan bahwa akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan berkualitas di seluruh Indonesia semakin ditingkatkan. Kementerian Kesehatan RI bersama peserta pelatihan siap untuk mengatasi tantangan distribusi tenaga kesehatan di negara ini dan memberikan pelayanan kesehatan yang terintegrasi.



<< kembali ke indeks berita



Berita Lainnya:


PELATIHAN DASAR CPNS GOLONGAN III KEMENTERIAN KESEHATAN BALAI BESAR PELATIHAN KESEHATAN CILOTO DAN BALAI PELATIHAN KESEHATAN CIKARANG TAHUN 2024
Selasa, 09 Juli 2024 - 08:26 WIB
HASIL PELAKSANAAN SURVEI INDEKS PERSEPSI ANTI KORUPSI DAN INDEKS PERSEPSI KUALITAS PELAYANAN (BULAN JUNI 2024)
Kamis, 04 Juli 2024 - 14:44 WIB
PELATIHAN PELAYANAN KEFARMASIAN BAGI TENAGA KEFARMASIAN DI PUSKESMAS GELOMBANG III
Selasa, 02 Juli 2024 - 10:09 WIB
PELATIHAN BAGI PELATIH PELAYANAN ASUHAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT GELOMBANG II
Senin, 01 Juli 2024 - 10:07 WIB
HASIL PELAKSANAAN SURVEI INDEKS PERSEPSI ANTI KORUPSI DAN INDEKS PERSEPSI KUALITAS PELAYANAN (BULAN MEI 2024)
Senin, 01 Juli 2024 - 08:40 WIB
Field Trip Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Peserta Pelatihan Managerial Leaders Program Batch 2
Senin, 24 Juni 2024 - 09:58 WIB