TUTUP MENU PORTAL
Pendaftaran Pelatihan


Panduan Pendaftaran
pelatihan


Fasilitas Diklat


Hubungi Kami

M
E
N
U

D
I
K
L
A
T

Detail Info Terkini

Isi Informasi Tentang Kegiatan/Berita Di BBPK Ciloto

PELATIHAN KONSELING PEMBERIAN MAKANAN BAYI DAN ANAK (PMBA)

Dipublikasi Pada: Kamis, 10 Oktober 2024 - 10:00 WIB


Ciloto, 10 Oktober 2024 – Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK) Ciloto menggelar Pelatihan Konseling Pemberian Makan Bayi dan Anak (PMBA) untuk tenaga kesehatan di Kabupaten Tangerang. Pelatihan ini merupakan bagian dari upaya peningkatan kapasitas tenaga kesehatan dalam memberikan konseling terkait nutrisi bagi ibu hamil, ibu menyusui, serta bayi dan anak hingga usia 2 tahun.
 
Pelatihan PMBA tahun ini diikuti oleh 45 peserta yang terbagi dalam tiga angkatan, dengan peserta yang berasal dari Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan Puskesmas. Pelatihan ini bertujuan untuk memastikan setiap tenaga kesehatan memiliki keterampilan konseling yang memadai guna membantu meningkatkan gizi bayi dan anak serta mendukung 1000 hari pertama kehidupan (HPK) yang optimal.
 
Pelatihan ini menggunakan metode blended learning yang terdiri dari sesi daring dan sesi klasikal. Sesi daring berlangsung pada tanggal 10-11 Oktober 2024 melalui Zoom Meeting dan Learning Management System (LMS) Plataran Sehat. Sesi klasikal akan dilaksanakan pada 14-18 Oktober 2024, di mana peserta akan melakukan simulasi dan praktik langsung dalam konseling PMBA.
 
Adapun total Jam Pelajaran (JPL) pelatihan ini adalah 31 JPL, dengan materi pelatihan yang mencakup:
 
Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi tenaga kesehatan dalam memberikan konseling terkait PMBA, sehingga mampu memberikan informasi yang tepat serta membantu ibu hamil dan ibu baduta dalam menghadapi masalah terkait pemberian makan anak. Para peserta juga diharapkan dapat berperan aktif dalam upaya pemutusan rantai masalah gizi di masyarakat.
 
Evaluasi dalam pelatihan ini dilakukan melalui pengukuran hasil belajar peserta, dari peningkatan nilai pre-test dan post-test, hingga evaluasi praktik dan simulasi konseling. Fasilitator berasal dari Direktorat Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) Kementerian Kesehatan RI serta penyusun kurikulum dan modul pelatihan.
 
Melalui pelatihan ini, diharapkan setiap Puskesmas dan fasilitas kesehatan lainnya di Kabupaten Tangerang memiliki tenaga terlatih yang mampu memberikan konseling PMBA secara profesional. Dengan adanya kolaborasi dari tenaga kesehatan yang berkualitas, diharapkan terjadi peningkatan gizi bayi dan anak di daerah tersebut, serta penurunan angka malnutrisi.
 
Pelatihan ini merupakan salah satu langkah penting dalam mendukung tercapainya generasi masa depan yang sehat, berkualitas, dan mampu bersaing di tingkat global.
 

<< kembali ke indeks berita



Berita Lainnya:


PUSTAKAWAN MENDONGENG
Kamis, 10 Oktober 2024 - 12:00 WIB
PELATIHAN TENAGA PELATIH KESEHATAN (TPK)
Rabu, 09 Oktober 2024 - 20:00 WIB
PENUTUPAN PELATIHAN DASAR CPNS BBPK CILOTO DAN BAPELKES CIKARANG
Kamis, 03 Oktober 2024 - 16:00 WIB
PENYAMPAIAN MATERI PESERTA PELATIHAN DASAR CPNS GOLONGAN III TAHUN 2024
Kamis, 03 Oktober 2024 - 15:56 WIB
PELATIHAN MANAJEMEN PENANGGULANGAN KRISIS KESEHATAN BAGI SUMBER DAYA MANUSIA KESEHATAN GELOMBANG 2
Selasa, 01 Oktober 2024 - 14:36 WIB
PELATIHAN PERENCANAAN SEDIAAN FARMASI DAN BMHP BAGI APTEKER DI PUSKESMAS
Selasa, 01 Oktober 2024 - 13:33 WIB