Detail Info Terkini

Isi Informasi Tentang Kegiatan/Berita Di BBPK Ciloto

Melatih Komunikasi Efektif melalui Game Based Learning

Dipublikasi Pada: Rabu, 12 Desember 2018 - 09:49 WIB


Game Based Learning adalah program pembelajaran melalui pendekatan permaianan dengan cara mengambil nilai (insight) dari sebuah permainam dikaitkan dengan tujuan pembelajaran.  Program ini menggunakan boardgame sebagai alat atau media pembelajaran pada sesi game-based learning, sebagai hasil kolaborasi Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK) CIloto dan Akademi Trainer. Game based learning ini dibawa menjadi lebih efektif dan menyenangkan.
Selama 2 hari, sebanyak 35 peserta mengikuti sesi training di BBPK Ciloto kampus cimacan ini. Sesi dimulai dengan menjelaskan pentingnya keterampilan komunikasi efektif untuk proses training/mentoring/coaching. Selanjutnya, Erwin Saleh Adiputra Yunandar (Lead Associate of Academi Trainer) memulai sesi game-based learning dengan bermain menggunakan boardgame. Dalam tahap akhir sesi game-based learning, Ewink Say nama bekennya menjelaskan bagaimana memotivasi diskusi dan komunikasi aktif menggunakan boardgame.
Semua peserta kemudian ditantang untuk berkreasi membuat variasi skema permainan, sesuai dengan tema training yang mereka miliki. Variasi-variasi skema permainan ini kemudian dipresentasikan dan diujicobakan dalam kelompok masing-masing. Mereka memastikan skema permainan berhasil digunakan untuk menyampaikan materi training yang diinginkan.



<< kembali ke indeks berita



Berita Lainnya:


PEMBUKAAN PELATIHAN PENUGASAN KHUSUS TENAGA KESEHATAN INDIVIDUAL KATEGORI II GELOMBANG I Angkatan 1-4
Selasa, 19 Maret 2019 - 10:43 WIB
Pemberitahuan Daftar Nama Peserta Nusantara Sehat Individual Pasca Pensus
Senin, 11 Maret 2019 - 23:24 WIB
9 Pejabat Eselon III dan IV BBPK Ciloto Dilantik
Kamis, 14 Februari 2019 - 08:13 WIB
Pelatihan TKHI 2019
Senin, 11 Februari 2019 - 12:32 WIB
Pelatihan jabatan Fungsional Bidan Ahli
Rabu, 23 Januari 2019 - 13:46 WIB
Telah Dibuka Pendaftaran Pelatihan Jabfung Bidan Ahli (Pola PNBP)
Jumat, 11 Januari 2019 - 10:49 WIB