Detail Info Terkini

Isi Informasi Tentang Kegiatan/Berita Di BBPK Ciloto

Melatih Komunikasi Efektif melalui Game Based Learning

Dipublikasi Pada: Rabu, 12 Desember 2018 - 09:49 WIB


Game Based Learning adalah program pembelajaran melalui pendekatan permaianan dengan cara mengambil nilai (insight) dari sebuah permainam dikaitkan dengan tujuan pembelajaran.  Program ini menggunakan boardgame sebagai alat atau media pembelajaran pada sesi game-based learning, sebagai hasil kolaborasi Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK) CIloto dan Akademi Trainer. Game based learning ini dibawa menjadi lebih efektif dan menyenangkan.
Selama 2 hari, sebanyak 35 peserta mengikuti sesi training di BBPK Ciloto kampus cimacan ini. Sesi dimulai dengan menjelaskan pentingnya keterampilan komunikasi efektif untuk proses training/mentoring/coaching. Selanjutnya, Erwin Saleh Adiputra Yunandar (Lead Associate of Academi Trainer) memulai sesi game-based learning dengan bermain menggunakan boardgame. Dalam tahap akhir sesi game-based learning, Ewink Say nama bekennya menjelaskan bagaimana memotivasi diskusi dan komunikasi aktif menggunakan boardgame.
Semua peserta kemudian ditantang untuk berkreasi membuat variasi skema permainan, sesuai dengan tema training yang mereka miliki. Variasi-variasi skema permainan ini kemudian dipresentasikan dan diujicobakan dalam kelompok masing-masing. Mereka memastikan skema permainan berhasil digunakan untuk menyampaikan materi training yang diinginkan.



<< kembali ke indeks berita



Berita Lainnya:


PELATIHAN PENUGASAN KHUSUS TENAGA KESEHATAN BERBASIS TIM BATCH XXVII
Jumat, 19 April 2024 - 11:00 WIB
PELATIHAN PELAYANAN PRIMA BERBASIS SOFT SKILLS BAGI SDM KESEHATAN
Kamis, 18 April 2024 - 09:20 WIB
GAMBARAN PERLUNYA PENGAWASAN MAKANAN JAJANAN ANAK SEKOLAH SD DI INDONESIA
Selasa, 02 April 2024 - 08:47 WIB
PELATIHAN EPIDEMIOLOGI LAPANGAN LEVEL INTERMEDIATE BAGI PETUGAS EPIDEMIOLOG DI DINAS KESEHATAN
Senin, 18 Maret 2024 - 17:33 WIB
PERSEPSI DOKTER GIGI TERHADAP PELATIHAN PENATALAKSANAAN KEGAWATDARURATAN BIDANG KEDOKTERAN GIGI KERJASAMA PDGI DENGAN BBPK CILOTO
Jumat, 16 Februari 2024 - 09:19 WIB
PENANDATANGANAN PERJANJIAN KINERJA DI LINGKUNGAN DIREKTORAT JENDERAL TENAGA KESEHATAN TAHUN 2024
Kamis, 15 Februari 2024 - 17:00 WIB