Detail Info Terkini

Isi Informasi Tentang Kegiatan/Berita Di BBPK Ciloto

Pelatihan PPIH 2019

Dipublikasi Pada: Senin, 25 Maret 2019 - 09:09 WIB


Ibadah haji merupakan salah satu rukun Islam bagi umat muslim, mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam. Penyelenggaraan ibadah haj idi Indonesia dikoordinir oleh pemerintah setiap tahunnya .Salah satu aspek penting yang harus diperhatikan dalam menunjang pelaksanaanibadah hajiadalahkondisi kesehatanpara jemaah.
Upaya pemeliharaan kondisi kesehatan jemaah haji agar dapat melaksanakan ibadahnya sesuai dengan ketentuan syariat Islam, perlu dilakukan pembinaan dan pelayanan kesehatan jemaah haji sejak dini, guna mewujudkan isthita’ah kesehatan jemaah haji. Sesuai Permenkes No. 15 Tahun 2016 tentang Istithaah Kesehatan Jemaah Haji, pembinaan isthithaah kesehatan haji merupakan serangkaian kegiatan terpadu pemeriksaan kesehatan jemaah sejak awal mendaftar hingga masa pelaksan aan ibadah haji diArab Saudi, yang dilaksanakan oleh tenaga kesehatan yang tergabung dalam Panitia Penyelenggara Ibadah Haji(PPIH) BidangKesehatan.
Sesuai  dengan  Permenkes  RI  No.  62  tahun  2016  Tentang  Penyelenggaraan Kesehatan Haji, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) bidang kesehatan, terbagi menjadi PPIH Embarkasi/Debarkasi dan PPIH Arab Saudi yang saat penyelenggaraan ibadah haji memiliki peran strategis dalam melakukan pembinaan, pelayanan dan perlindungan kesehatan jemaah haji didaerah kerja dan sektor serta tugas-tugas administrasi diJeddah, Madinah, Armina dan Mekah selama di Arab Saudi.
Untuk mempersiapkan petugas PPIH yang berkualitas dan memiliki kompetensi yang sesuai dengan tugas dan fungsinya dalam memberikan pelayanan kesehatan haji, maka diperlukan pelatihan yang terakreditasi. Pelatihan PPIH dirancang untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan petugas PPIH dalam menjalankan tugasnya sesuai dengan kompetensi yang diharapkan. Materi pelatihan dirancang untuk meningkatkan wawasan terhadap  pengetahuan, sikap dan ketrampilan baik individual maupun tim dalam memberikan pembinaan, pelayanan dan perlindungan kesehatan terhadap jemaah haji daker dan sektor serta tugas-tugas administrasi yang terkait. Dalam melaksanakan tugasnya PPIH tidak bekerja sendiri, akan tetapi perlu membentuk  jejaring  dengan  Pelayanan  Kesehatan  Jemaah  Haji Indonesia maupun dengan lintas sektoral.
Maka pada hari senin tanggal 25 Maret 2019 Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK) Ciloto menyelenggarakan pelatihan PPPIH yang diikuti oleh 273 peserta.
 



<< kembali ke indeks berita



Berita Lainnya:


PELATIHAN PENUGASAN KHUSUS TENAGA KESEHATAN BERBASIS TIM BATCH XXVII
Jumat, 19 April 2024 - 11:00 WIB
PELATIHAN PELAYANAN PRIMA BERBASIS SOFT SKILLS BAGI SDM KESEHATAN
Kamis, 18 April 2024 - 09:20 WIB
GAMBARAN PERLUNYA PENGAWASAN MAKANAN JAJANAN ANAK SEKOLAH SD DI INDONESIA
Selasa, 02 April 2024 - 08:47 WIB
PELATIHAN EPIDEMIOLOGI LAPANGAN LEVEL INTERMEDIATE BAGI PETUGAS EPIDEMIOLOG DI DINAS KESEHATAN
Senin, 18 Maret 2024 - 17:33 WIB
PERSEPSI DOKTER GIGI TERHADAP PELATIHAN PENATALAKSANAAN KEGAWATDARURATAN BIDANG KEDOKTERAN GIGI KERJASAMA PDGI DENGAN BBPK CILOTO
Jumat, 16 Februari 2024 - 09:19 WIB
PENANDATANGANAN PERJANJIAN KINERJA DI LINGKUNGAN DIREKTORAT JENDERAL TENAGA KESEHATAN TAHUN 2024
Kamis, 15 Februari 2024 - 17:00 WIB