Detail Info Terkini

Isi Informasi Tentang Kegiatan/Berita Di BBPK Ciloto

Pelatihan PPIH 2019

Dipublikasi Pada: Senin, 25 Maret 2019 - 09:09 WIB


Ibadah haji merupakan salah satu rukun Islam bagi umat muslim, mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam. Penyelenggaraan ibadah haj idi Indonesia dikoordinir oleh pemerintah setiap tahunnya .Salah satu aspek penting yang harus diperhatikan dalam menunjang pelaksanaanibadah hajiadalahkondisi kesehatanpara jemaah.
Upaya pemeliharaan kondisi kesehatan jemaah haji agar dapat melaksanakan ibadahnya sesuai dengan ketentuan syariat Islam, perlu dilakukan pembinaan dan pelayanan kesehatan jemaah haji sejak dini, guna mewujudkan isthita’ah kesehatan jemaah haji. Sesuai Permenkes No. 15 Tahun 2016 tentang Istithaah Kesehatan Jemaah Haji, pembinaan isthithaah kesehatan haji merupakan serangkaian kegiatan terpadu pemeriksaan kesehatan jemaah sejak awal mendaftar hingga masa pelaksan aan ibadah haji diArab Saudi, yang dilaksanakan oleh tenaga kesehatan yang tergabung dalam Panitia Penyelenggara Ibadah Haji(PPIH) BidangKesehatan.
Sesuai  dengan  Permenkes  RI  No.  62  tahun  2016  Tentang  Penyelenggaraan Kesehatan Haji, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) bidang kesehatan, terbagi menjadi PPIH Embarkasi/Debarkasi dan PPIH Arab Saudi yang saat penyelenggaraan ibadah haji memiliki peran strategis dalam melakukan pembinaan, pelayanan dan perlindungan kesehatan jemaah haji didaerah kerja dan sektor serta tugas-tugas administrasi diJeddah, Madinah, Armina dan Mekah selama di Arab Saudi.
Untuk mempersiapkan petugas PPIH yang berkualitas dan memiliki kompetensi yang sesuai dengan tugas dan fungsinya dalam memberikan pelayanan kesehatan haji, maka diperlukan pelatihan yang terakreditasi. Pelatihan PPIH dirancang untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan petugas PPIH dalam menjalankan tugasnya sesuai dengan kompetensi yang diharapkan. Materi pelatihan dirancang untuk meningkatkan wawasan terhadap  pengetahuan, sikap dan ketrampilan baik individual maupun tim dalam memberikan pembinaan, pelayanan dan perlindungan kesehatan terhadap jemaah haji daker dan sektor serta tugas-tugas administrasi yang terkait. Dalam melaksanakan tugasnya PPIH tidak bekerja sendiri, akan tetapi perlu membentuk  jejaring  dengan  Pelayanan  Kesehatan  Jemaah  Haji Indonesia maupun dengan lintas sektoral.
Maka pada hari senin tanggal 25 Maret 2019 Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK) Ciloto menyelenggarakan pelatihan PPPIH yang diikuti oleh 273 peserta.
 



<< kembali ke indeks berita



Berita Lainnya:


PEMBUKAAN PEMBEKALAN TIM NUSANTARA SEHAT BATCH 12 DAN TUGSUS INDIVIDU ANGKATAN 3 DAN 4
Selasa, 23 April 2019 - 07:45 WIB
Pelatihan Diplomasi Kesehatan Bagi Pimpinan Dinkes Provinsi/Kabupaten/Kota atau dikenal dengan Pelatihan Global Health Diplomacy
Kamis, 04 April 2019 - 10:05 WIB
BBPK Ciloto telah terakreditasi untuk melatih para peserta Jabatan Fungsional Bidan dan Perawat gigi
Kamis, 04 April 2019 - 09:41 WIB
PEmbukaan Pelatihan Diklat PIM IV dilingkungan Kementerian Kesehatan
Senin, 25 Maret 2019 - 09:27 WIB
PEMBUKAAN PELATIHAN PENUGASAN KHUSUS TENAGA KESEHATAN INDIVIDUAL KATEGORI II GELOMBANG I Angkatan 1-4
Selasa, 19 Maret 2019 - 10:43 WIB
Pemberitahuan Daftar Nama Peserta Nusantara Sehat Individual Pasca Pensus
Senin, 11 Maret 2019 - 23:24 WIB