Detail Info Terkini

Isi Informasi Tentang Kegiatan/Berita Di BBPK Ciloto

Pelatihan Diplomasi Kesehatan Bagi Pimpinan Dinkes Provinsi/Kabupaten/Kota atau dikenal dengan Pelatihan Global Health Diplomacy

Dipublikasi Pada: Kamis, 04 April 2019 - 10:05 WIB


BBPK Ciloto, 04/04, Beberapa tahun terakhir, telah terjadi begitu banyak peristiwa alam dan kebencanaan yang salah satu faktor utamanya disebabkan oleh perubahan iklim. Hampir sebagian besar daerah di indonesia pun tak luput dari peristiwa kebencanaan yang terus terjadi, seperti bencana tsunami, longsor dan banjir bandang di Jawa Barat dan Banten, hingga bencana tsunami dan gempa bumi di wilayah Nusa Tenggara Barat dan Sulawesi Tengah. Menyadari potensi kebencanaan dan dampak perubahan iklim yang semakin tinggi, maka perlu adanya penguatan kapasitas kesiapsiagaan kebencanaan melalui kemampuan mitigasi, tanggap darurat dan diplomasi kebencanaan dalam menanggulangi isu perubahan iklim yang terus terjadi.
 
Terkait dengan isu kebencanaan dan perubahan iklim tersebut, Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK) Ciloto berkolaborasi dengan Indonesia One Health University Network (INDOHUN) berinisiasi menyelenggarakan sebuah pelatihan diplomasi yang berorientasi pada isu kesehatan, isu kebencanaan dan isu perubahan iklim. Pelatihan Global Health Diplomacy (GHD) ini memiliki fokus utama untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan pemerintah maupun para pemangku kebijakan dalam berdiplomasi, bernegosiasi, serta kemampuan melakukan taktik dan strategi lobi-lobi politik dalam memperjuangkan agenda kesehatan di level daerah hingga nasional.

Oleh karena itu, pentingnya pengembangan kapasitas bagi para pemangku kepentingan terkait isu diplomasi kesehatan menjadi semakin luas dirasakan oleh berbagai elemen pemerintah. Peningkatan kapasitas diplomasi kesehatan ini menjadi sangat penting dalam memastikan bahwa semua pemangku kepentingan di level pusat dan daerah yang menghadapi beban kesehatan global yang signifikan dari penyakit menular dan tidak menular, mampu bernegosiasi dan terlibat aktif dalam arena diplomasi kesehatan global.

Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK) Ciloto Badan PPSDMK Kementerian Kesehatan R.Ibekerja sama denganIndonesia One Health University Network(INDOHUN) memiliki peran penting dalam meningkatkan kompetensi pimpinan di lingkungan Kabupaten/Kota/Provinsi se-Indonesia dalam berdiplomasi dan negosiasi di sektor kesehatan.

Pada kesempatan ini pembukaan pelatihan di buka secara resmi oleh Kepala Balai Besar Pelatihan (BBPK) Ciloto, dr. Tri Nugroho, MQIH yang didampingi oleh Kepala Bidang Manajemen dan Non Teknis Kesehatan BBPK Ciloto, Budiman, ST, M.Kes, hadir pula Prof. Wiku Adisasmito  selaku Koordinator Indonesia One Health University Network (INDOHUN), Kepala Bagian Multilateral Pusdiklat Kemenlu, Kepala Sub Bidang Pengembangan Pusdiklat Kemenlu, Staf Bagian Multilateral Pusdiklat Kemenlu, Direktur NAM CSST, Duta Besar Ronny Prasetyo, Senior Technical advisor One Health University network ( INDOHUN) Prof. Agus Suwandono, Finance Senior Manager Indonesia One Health University network ( INDOHUN) Hadi Slamet.

 



<< kembali ke indeks berita



Berita Lainnya:


PEMBUKAAN PEMBEKALAN TIM NUSANTARA SEHAT BATCH 12 DAN TUGSUS INDIVIDU ANGKATAN 3 DAN 4
Selasa, 23 April 2019 - 07:45 WIB
BBPK Ciloto telah terakreditasi untuk melatih para peserta Jabatan Fungsional Bidan dan Perawat gigi
Kamis, 04 April 2019 - 09:41 WIB
PEmbukaan Pelatihan Diklat PIM IV dilingkungan Kementerian Kesehatan
Senin, 25 Maret 2019 - 09:27 WIB
Pelatihan PPIH 2019
Senin, 25 Maret 2019 - 09:09 WIB
PEMBUKAAN PELATIHAN PENUGASAN KHUSUS TENAGA KESEHATAN INDIVIDUAL KATEGORI II GELOMBANG I Angkatan 1-4
Selasa, 19 Maret 2019 - 10:43 WIB
Pemberitahuan Daftar Nama Peserta Nusantara Sehat Individual Pasca Pensus
Senin, 11 Maret 2019 - 23:24 WIB