Detail Info Terkini

Isi Informasi Tentang Kegiatan/Berita Di BBPK Ciloto

PELATIHAN KONSELING MENYUSUI GELOMBANG 1 ANGKATAN 1

Dipublikasi Pada: Senin, 06 Februari 2023 - 14:29 WIB


Dalam rangka meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang ASI dan meningkatkan cakupan ASI eksklusif, maka perlu tenaga terlatih konseling menyusui di setiap layanan yang menyediakan pelayanan kesehatan ibu dan anak. Tenaga terlatih konseling menyusui tersebut bertugas memberikan informasi dan membantu ibu jika mengalami masalah pada saat menyusui. Oleh karena itu di Puskesmas dan jaringannya, Rumah Sakit khusus bersalin, maupun bidan praktik swasta, dan sebagainya perlu mempunyai tenaga terlatih konseling menyusui.
 
Berbagai upaya peningkatan kualitas konseling menyusui telah dilakukan antara lain melalui peningkatan kapasitas tenaga kesehatan. Pelatihan Konseling Menyusui, diharapkan dapat mencetak tenaga Kesehatan terlatih guna meningkatkan cakupan ASI Eksklusif yang berkontribusi pada upaya percepatan pencegahan stunting.
 
Upaya pensingkatan pemberian ASI eksklusif perlu dilanjutkan dan terus ditingkatkan, melalui kegiatan diantaranya adalah memberdayakan Ibu dan meningkatkan dukungan anggota keluarga agar semakin banyak bayi baru lahir yang melakukan inisiasi menyusu dini, dan semakin banyak Ibu mampu menyusui dengan benar. Perlunya meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dengan menyediakan tenaga konselor menyusui di sarana pelayanan kesehatan, dan revitalisasi sarana pelayanan kesehatan sayang ibu dan bayi, serta menciptakan lingkungan kondusif yang memungkinkan ibu tetap menyusui sebagaimana mestinya.
 
BBPK Ciloto pada tahun 2023 mempunyai target peserta  Konseling menyusui sebanyak 75 orang dan direncanakan akan dilaksanakan 5 angkatan.Tepat hari ini, Senin 6 Februari 2023 kepala Balai Besar Pelatihan Kesehatan Ciloto, Sjamsul Ariffin, SKM.,M.Epid membuka secara resmi pelatihan Konseling Menyusui Gelombang 1 Angkatan 1 berjumlah 15 orang peserta. Pelatihan Konseling menyusui ini merupakan pelatihan perdana yg dilaksanakan oleh BBPK Ciloto bekerjasama dengan Direktorat Gizi/KIA Kemenkes RI.
 
Pelatihan ini dieselenggarakan dengan metode blended learning, terhitung mulai tanggal 6 s.d. 10 februari 2023 belajar secara Online melalui aplikasi zoom meeting dan tanggal 13 s.d. 16 februari 2023 dilaksanakan secara tatap muka di Balai Besar Pelatihan Kesehatan Ciloto dengan lokus praktik di Puskesmas Cisarua Bogor Jawa Barat. Untuk pembiayaan pelatihan ini dibebankan pada DIPA BBPK Ciloto tahun anggaran 2023.
 
Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta mampu:
1.  Menjelaskan konsep menyusui
2.  Melakukan evaluasi kegiatan menyusui
3.  Menjelaskan tantangan menyusui pada ibu dan bayi
4.  Melakukan dukungan pada keberhasilan menyusui
5.  Melakukan konseling menyusui.

<< kembali ke indeks berita



Berita Lainnya:


PELATIHAN PENUGASAN KHUSUS TENAGA KESEHATAN BERBASIS TIM BATCH XXVII
Jumat, 19 April 2024 - 11:00 WIB
PELATIHAN PELAYANAN PRIMA BERBASIS SOFT SKILLS BAGI SDM KESEHATAN
Kamis, 18 April 2024 - 09:20 WIB
GAMBARAN PERLUNYA PENGAWASAN MAKANAN JAJANAN ANAK SEKOLAH SD DI INDONESIA
Selasa, 02 April 2024 - 08:47 WIB
PELATIHAN EPIDEMIOLOGI LAPANGAN LEVEL INTERMEDIATE BAGI PETUGAS EPIDEMIOLOG DI DINAS KESEHATAN
Senin, 18 Maret 2024 - 17:33 WIB
PERSEPSI DOKTER GIGI TERHADAP PELATIHAN PENATALAKSANAAN KEGAWATDARURATAN BIDANG KEDOKTERAN GIGI KERJASAMA PDGI DENGAN BBPK CILOTO
Jumat, 16 Februari 2024 - 09:19 WIB
PENANDATANGANAN PERJANJIAN KINERJA DI LINGKUNGAN DIREKTORAT JENDERAL TENAGA KESEHATAN TAHUN 2024
Kamis, 15 Februari 2024 - 17:00 WIB